by

Anggaran Desa Fokus Tiga Program

Sekretaris Negeri Hative Kecil, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon, Matheos menegaskan, anggaran desa yang dimiliki untuk tahun ini, focus terhadap tiga program prioritas. Diantaranya pemulihan ekonomi, pendataan desa, dan kebiasaan baru desa aman Covid-19.

“Tiga hal ini yang menjadi fokus penggunaan anggaran desa,” sebut, Matheos Nanulauta, saat ditemui koran ini, Selasa (22/6).

Dia menjelaskan, dalam pemulihan ekonomi terdiri dari pembentukan, pengembangan dan revitalisasi BUMDes/BUMDesma, penyediaan listrik desa, dan pengembangan usaha ekonomi produktif yang dikelola BUMDes/BUMDesma.

Sedangkan program pendataan desa, sesuai dengan program prioritas nasional yang menjadi kewenangan desa yang meliputi, pemetaan potensi dan sumber daya, dan pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, pengembangan desa wisata, penguatan ketahanan pangan dan pencegahan stunting di desa, dan desa inklusif.

Dan untuk program adaptasi kebiasan baru desa aman Covid-19, lanjut dia, terarah kepada penerapan protokol kesehatan. Serta memberi pemahaman kepada masyarakat terkait protokoler yang berlaku.

“Inikan yang menjadi prioritas penggunaan anggaran desa 2021, sesuai arahan dari pemerintah dan menteri. Untuk bagaimana desa bisa menggunakan anggarannya melakukan tiga program penting yang diarahkan,” jelasnya.

Matheos menilai, peran BUMDes yang menjadi pengaruh penting, bagaimana dapat mengembangkan usaha untuk mempertahankan pendapatan asli desa. Serta bagaimana bisa mengembangkan usaha masyarakat lewat terobosan atau inovasi baru.

“Kita punya produk unggulan yang dikelola oleh BUMDes yaitu ikan asap, abon ikan, dan bakso ikan. Itu produk dari pemerintah negeri yang dikelola BUMDes dan dibuat oleh masyarakat negeri,” terang dia.

Sedangkan untuk membantu warga dalam mengembangkan usaha, tambah Matheos, akan dilakukan pelatihan bagi masyarakat UKM. Agar mereka bisa bersaing dengan teknologi dalam mengembangkan usaha yang dimiliki.

“Karena sekarang semua serba digital. Jadi kami bersama BUMDes akan melatih warga untuk bagaimana bisa mengajar masyarakat bersaing dengan teknologi digital,” terangnya.

Ditambahkan, anggaran di tahun ini akan digunakan sebaik mungkin oleh pemerintah negeri, guna menjalankan program-program kerja yang sudah disusun bersama dalam Musrenbang penetapan RKP 2021.

“Sebaik mungkin anggaran ini kita gunakan untuk melaksanakan program RKP bersama dengan warga,” tutup Matheos. (BKA-2)

Comment