by

Anggaran Program Disperindag Dialihkan ke Covid-19

Ambon, BKA- Seluruh program yang ada pada masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemerintah Kota Ambon turut direfocusing sesuai kebijakan Pemerintah Pusat, dalam penanganan Covid-19. Salah satunya sejumlah program milik Disperindag Kota Ambon.

“Anggaran yang kita dapat dari APBD ini kan ada refocusing. Semua diahlikan ke penanganan Covid. Dan memang ini, kita tidak bisa melakukan program yang sifatnya ada kerumunan,” ungkap Kepala Disperindag kota Ambon, Pieter Jan Leuwol, kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (24/9).

Pieter menjelaskan, beberapa program yang telah dirancang namun tidak bisa dijalankan akibat munculnya virus Corona, diantarannya terkait sosialisasi dan pelatihan. Program tersebut sama sekali tidak bisa dijalankan di tengah pandemi Covid-19, karena harus melibatkan banyak orang.
“Semua memang dipending, dan diahlikan semua ke penanganan Covid. Yah memang, kita harus utamakan yang penting, seperti untuk penanganan Covid,” ujarnya.

Disinggung soal berapa banyak anggaran yang direfocusing untuk penanganan Covid-19, Pieter mengaku tidak mengetahui pasti jumlah anggaran tersebut. Kata dia, anggaran tersebut telah dimasukan ke bagian keuangan.

“Kalau refocusing anggaran itu, paling bagus tanya di Bagian Keuangan. Yang pasti kita juga kena refocusing, dalam pengertian diahlikan semua untuk penanganan Covid. Tapi kalau jumlah, itu ada balegnya di keuangan, saya tidak bisa sampaikan itu yah,” tandas Pieter.

Ditambahkan, apabila kasus Covid-19 di Ambon terlihat mulai menurun, maka pihaknya akan kembali menjalankan program-program yang kena tefocusing akibat Covid-19.

“Yang pasti, rancangan sekarang ini lebih mengarah ke penanganan Covid. Dan itu lebih menunjang dari aspek ekonominya. Yah untuk peningkatan ekonomi itu. Karena kalau kita lebih fokus untuk penanganan covid, tapi kita tidak lihat ekonomi juga, itu juga berimplikasi kepada masyarakat punya kebutuhan,” pungkasnya. (BKA-1)

Comment