by

Anggota DPRD Masih Malas Berkantor

Ambon, BKA- Sudah tiga hari, pasca pelaksanaan Paripurna Istimewa Pelepasan Jenazah Anggota DPRD Kota Ambon, Christian Latumahina pada Senin (11/1), belum ada agenda apapun yang dibahas di DPRD Kota Ambon. Sebagian besar anggota DPRD masih malas berkantor.

Padahal, banyak agenda pembahasan serta surat masuk yang harusnya telah dibahas oleh anggota DPRD, pada masing-masing komisi di awal masa persidangan I tahun sidang II 2020-2021.
Yang mana seluruh agenda telah ditetapkan lewat rapat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD Kota Ambon sebelumnya.

Pantauan Beritakota, dalam pekan ini, kehadiran anggota DPRD hanya terlihat saat proses paripurna penyerahan jenazah almarhum Christian Latumahina. Hampir seluruh anggota DPRD hadir saat itu.

Namun di Selasa hingga Kamis (14/1) kemarin, kondisi DPRD masih tetap sepi dari aktivitas DPRD. Dari puluhan anggota DPRD yang ada, hanya terlihat para pimpinan DPRD yang hadir berkantor. Sementara sebagian besar anggota DPRD, baik pada Komisi I, II dan III hanya satu dua orang yang terlihat.

Salah satu sumber, kepada koran ini mengaku, banyak anggota DPRD yang tidak hadir karena ada masalah internal. Yakni ada pemotongan-pemotongan terhadap insentif serta biaya lainnya oleh Pemerintah Kota Ambon.

“Memang seperti itu, bahkan ada kemarin itu banyak anggota yang protes. Karena pemotongan tidak diberlakukan sama. Artinya sebagian besar pemotongan berlaku untuk anggota, sementara pimpinan DPRD dan ketua fraksi atau komisi, katakanlah orang-orang tertentu itu tidak.

Maka itu banyak yang kecewa dan belum mau masuk.
Tak hanya itu, posisi Sekretaris Dewan (Sekwan) Kota Ambon hingga saat ini masih kosong, pasca dilantiknya Elkyopas Silooy sebagai staf ahli Sekkot Ambon, pekan kemarin. Sehingga kekosongan ini juga menjadi salah satu alasan belum dibahasnya sejumlah agenda yang telah ditetapkan sebelumnya.

“Sekarang ini di secretariat juga banyak yang belum masuk kantor. Karena belum ada sekwan baru. Ini juga bisa dikatakan dampak dari ketidakhadiran DPRD. Tapi nanti kita lihat apakah besok (hari ini) ada agenda atau tidak.
Kalau sama, berarti pekan depan baru ada agenda yang dibahas DPRD,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua B
adan Kehormatan, Lucky Upulatu Nikyuluw, belum berhasil dihubungi terkait ketidakhadiran puluhan anggota DPRD sejak Selasa hingga Kamis kemarin. Termasuk Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta yang belum dapat dikonfirmasi, hingga koran ini naik cetak.
(UPE)

Comment