by

Apel Siaga Bersama Bawaslu, Kapolres Maros Ingatkan Potensi Kecurangan di Masa Tenang

MAROS, INIKATA.com – Kepolisian Resort Maros bersama Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) kabupaten Maros melaksanakan apel siaga patroli pengawasan masa tenang Pilkada di lapangan apel Mapolres Maros, Minggu (16/12).

Kegiatan apel siaga patroli dipimpin Kapolres Maros, AKBP Musa Tampubolon bersama Ketua Bawaslu Maros, Sufirman.
Musa Tampubolon mengatakan, apel siaga ini sebagai wujud konsolidasi dalam rangka menghadapi masa tenang menyambut tahapan pemungutan suara 9 Desember nanti.

Untuk itu, Kapolres Maros mengimbau kepada seluruh penyelenggara dan pengawas Pemilu agar bekerja secara profesional dan independent serta memastikan seluruh masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya tanpa ada tekanan dan paksaan dari pihak manapun.

“Para penyelenggara secara berjenjang harus menyiapkan diri untuk melaksanakan amanat negara yakni melaksanakan pemilihan dengan bekerja profesional dan independent serta memastikan seluruh masyarakat dapat menyalurkan aspirasinya tanpa ada tekanan dan paksaan,” ujarnya.

Ia juga mengimbau para penyelenggara Pemilu agar terbuka dan transparan dalam pelaksanaan pemungutan suara di TPS.

“Para penyelenggara harus memastikan Pemilu berjalan sesuai dengan tahapan dengan dilaksanakan secara terbuka dan transparan,” kata Kapolres.

Lebih lanjut, Musa Tampubolon mengatakan, potensi kecurangan di masa tenang seperti politik uang dan propaganda dengan penyebaran berita hoax dan isu SARA bisa terjadi.

Olehnya, kata Musa semua elemen harus berkomitmen untuk menolak segala bentuk politik uang karena merusak tatanan demokrasi dan mencederai harkat martabat manusia.

“Pada masa tenang ini kita akan menempuh segala upaya dan proaktif untuk melakukan patroli pengawasan bersama untuk mencegah segala bentuk kecurangan dan antisipasi hal hal yang tidak diinginkan,” tutupnya
Masa tenang akan berlangsung selama 3 hari dimulai tanggal 5 Desember hingga tanggal 8 Desember 2020.(sir)

Comment