by

Aplikasi Klassku Bantu Belajar Anak

Ambon, BKA- Pendidikan merupakan salah satu hak dasar warga negara. Namun dalam faktanya, tidak semua warga negara mendapatkan kesempatan yang sama. Ketimpangan akses pendidikan masih terjadi, khususnya bagi masyarakat yang tinggal di wilayah Indonesia Timur.

Melihat hal ini, tercetus ide oleh Pangdam XVI/Pattimura Mayjen TNI Jeffry A Rahawarin, selaku putra daerah asli Maluku, tepatnya dari kabupaten Maluku Tenggara dengan menggas sebuah aplikasi belajar online atau aplikasi Klassku.

Gebrakan yang dilakukan lewat aplikasi ini, untuk mencerdaskan anak-anak pelajar Maluku dan Maluku Utara yang akan menjadi penerus generasi muda harapan bangsa kedepan.
Aplikasi Klassku merupakan aplikasi belajar online yang di buat untuk membantu menunjang pendidikan anak-anak. Yang dimana Guru pengajarnya sudah varified dan pelajaran sesuai dengan kurikulum sekolah.
Aplikasi belajar online ini kemudian dilaunching dan terus disosialisasikan, demi membantu mengembangkan pendidikan anak-anak yang melakukan pembelajaran secara online di masa pandemi Covid-19.
“Pihak Kodam telah meluncurkan sebuah aplikasi, yang dimana aplikasi ini dapat membantu anak-anak untuk belajar. Nama aplikasinya itu aplikasi klassku. Dimana aplikasi ini merupakan aplikasi belajar online yang dapat anak-anak gunakan untuk belajar secara gratis,” ucap Aster Kasdam XVI Pattimura, Kolonel Arm Hendro. A. Suseno, dalam sambutannya pada acara launching Aplikasi Klassku, di aula Korem 151/Binaiya, Ambon, Rabu (5/5).

Penjelasan terkait manfaat, tujuan, serta cara penggunaan aplikasi Klassku juga dijelaskan oleh Pabandya Komsos, Sterdam XVI/Pattimura Ambon, Mayor INF Arianto Rolando. Menurutnya, tujuan diluncurkan aplikasi Klassku, disebabkan adanya 5 faktor permasalahan terkait pendidikan di Maluku.

Diantaranya, jumlah Sekolah Dasar (SD) tidak sebanding dengan jumlah Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Kemudian sebaran guru yang tidak merata dan di bawah standar nasional untuk hasil uji kompetensi, capaian hasil Ujian Nasional (UN).

“Kemudian penetrasi internet cukup baik, meskipun masih rendah dan belum semua daerah bisa mengakses internet. Serta penetrasi internet untuk guru dan pelajar sangat tinggi untuk kebutuhan belajar dan mengajar,” jelas Mayor Inf Arianto.
Dikatakan, manfaat daripada Aplikasi Klassku yang diluncurkan pihak Kodam ini, dapat membantu anak-anak yang sementara melakukan pembelajaran secara online. “Aplikasi ini bisa didownload pada playstore dan gratis. Nanti untuk masuk dalam aplikasi tersebut akan kita kirimkan caranya ke guru-guru, untuk nanti diberikan kepada anak-anak di sekolah,” tukasnya.
Sementara itu, Komandan Korem (Danrem) 151/Binaiaya, Brigjen TNI Arnold A.P Ritauw juga menambahkan, terkait terkait sasaran diluncurkan aplikasi tersebut. Yakni sasarannya peluncuran aplikasi itu untuk meningkatkan dan mencerdaskan pendidikan anak-anak di Maluku.

“Ini sudah dibayar oleh pihak Kodam langsung, jadi bisa digunakan anak-anak secara gratis. Dalam aplikasi tersebut, juga anak-anak bisa melakukan sesi tanya jawab kepada guru-guru yang membawakan materi dalam aplikasi tersebut,” jelasnya.
Menurut dia, aplikasi Klassku untuk menjawab sejumlah tantangan-tantangan dalam proses pembelajaran di tengah pandemi Covid-19. Yang mana tujuan akhirnya ingin meningkatkan SDM di Maluku, agar mampu bersaing dengan anak-anak dari daerah lain.
“Hal ini menurut saya sangat fenomenal karena di tengah situasi sekarang ini, Pangdam menghadirkan sebuah solusi dengan menghadirkan aplikasi Klassku secara gratis,” tutup Danrem.
Salah satu Siswi SMP Negeri 14 Ambon, Linda Nifa L. Ane, turut menyampaikan terimakasih kepada pihak Kodam XVI Pattimura, karena telah memberikan aplikasi belajar online secara gratis.
“Aplikasi ini sangat baik sekali, karena mendukung kegiatan belajar kami selaku siswa-siswi. Dan aplikasinya juga mudah didapat, serta gratis. Ini sangat membantu sekali,” ucapnya. (BKA-2)

Comment