by

April Jalan Gadihu Dikerjakan

Ambon, BKA- Masuk bulan April 2021, pekerjaan proyek jalan Gadihu Indah, Kecamatan Sirimau, Ambon akan kembali dilakukan. Untuk proses lelang fisik, akan dilakukan dalam bulan ini. Dan untuk anggarannya yang bersumber dari Dana Alokasi Khusus (DAK) 2021 ini, sebesar 2,2 miliar.

Plt kepala dinas PUPR Kota Ambon, Melianus Latuihamallo, mengaku, beberapa waktu lalu, ada sedikit keterlambatan dengan kelompok kerja (Pokja) yang diketuai Jemmy Tuhumena. Namun untuk Surat Keputusan (SK) terkait pekerjaan jalan Gadihu sudah ada.

“Perencanaan sudah selesai, sekarang kan Pokja baru dapat SK. Kalau ada sanggahan atau apa, baru dia proses tender. Berarti bulan April sudah bisa jalan lah,” ungkap, melianus, saat ditemui koran ini di ruang kerjanya, Senin (8/3).

Dijelaskan, jalan Gadihu Indah yang nantinya akan dikerjakan lagi, dimulai dari pertigaan Kebun Cengkeh hingga ke Kelurahan Waihoka. Yakni seluruh pekerjaan memiliki panjang 1,2 km.

Sambung dia, apabila ditengah pekerjaan jalan tersebut lantas terjadi masalah, maka anggaran pembangunan jalan tidak menggunakan DAK, tetapi dana pemeliharaan rutin.

“Kalau itu, katong tidak pakai DAK. Tapi pakai dana pemeliharaan rutin. Seperti kemarin masyarakat disana demo minta perbaikan jalan. Tidak ada alokasi, katong langsung pakai dana pemeliharaan rutin,” sebutnya.

Dan saat menggunakan dana pemeliharaan rutin, tambah dia, itu akan dimanfaatkan untuk jalan rusak atau berlubang dimanapun. Sehingga pihaknya memastikan, akan menyelesaikan masalah tersebut.
“Untuk 2021, dana pemeliharaan rutin dinas PUPR sebesar 850 juta. Maka ketika ada jalan rusak dimana pun langsung kita perbaiki. Tapi harus didasari juga ruas jalan di kota Ambon,” tutupnya. (IAN)

Comment