by

Aset Desa Lauran Disita Karena Hutang

Ambon, BKA- Satu unit sepeda motor milik Pemerintah Desa Lauran, Kecamatan Tanimbar Selatan (Ransel), Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT), disita pihak ketiga.

Penyitaan aset itu dilakukan karena Pemerintah Desa (Pemdes) Lauran tidak mampu membayar hutang kepada pihak ketiga, Yosep Ngurantutul.

Hutang itu dilakukan oleh Pemdes Lauran pada periode kepemimpinan Maria Fani Masela bersama Staf Desa Lauran sebelumnya, yang menyepakati untuk meminjam uang dari pihak ketiga, guna pembelajaan sejumlah program desa.

Pinjaman Pemdes Lauran kepada Yosep Ngurantutul sebesar Rp 43 juta. “Sampai masa jabatan mereka selesai, uang saya belum juga dikembalikan. Maka sebagai penggantinya, aset milik desa berupa satu unit motor saya sita,” ungkap Yosep, kepada BeritaKota Ambon, Minggu (18/4).

Mengenai hal tersebut, salah satu warga Desa Lauran, Yohanis Bwariat, mengatakan, pinjaman Rp 43 jutah itu diduga tidak dipakai untuk membelanjai program desa.

“Selama ini program didesa dibelanjai oleh DD dan ADD. Lalu pinjaman itu dipakai belanja program apa? Jangan-jangan pemdes pakai untuk kepentingan pribadi,” duga Yohanis.

Selain itu, ungkapnya, selama Desa Lauran dipimpin Maria Fani Masela dan stafnya, sama sekali tidak terlihat progres dalam pengelolaan DD dan ADD, bagi pembangunan desa, termasuk dari sisi pemberdayaan masyarakat.

Ia berharap, Stanislaus Kenjapluan yang baru saja dilantik sebagai Kades Lauran periode 2021 sampai 2026, dapat menjalankan tugasnya dengan baik, yakni, mengedepankan kesejahteraan masyarakat sesuai visi dan misinya.

“Saya sangat berharap ada keberpihakan kepada masyarakat dalam peroses pemberdayaan yang dibiayai oleh DD dan ADD,” harapnya.\

Selain itu, dia berharap, Kades Lauran yang baru dapat membuat permohonan ke Camat Tansel, untuk perekrutan staf desa baru. Sebab track record staf desa yang lama sudah buruk di mata masyarakat.

“Kiranya dengan adanya kades baru, maka staf desa juga harus baru. Sehingga visi dan misi pemerintahan baru ini terwujud, untuk kesejahteraan masyarakat Lauran secara keseluruhan dan merata” pungkasnya.(BTA)

Comment