by

ASN Cabul Diberhentikan Sementara

Ambon, BKA- Pegawai Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Maluku, Eric Manuputty, diberhentikan sementara sebagai ASN, sambil menunggu putusan inkra terkait kasus yang membelitnya.

Erik Manupu tersangkut kasus budak seks kepada anak sendiri, dan kini sementara menjalani proses sidang di Pengadilan Negeri Ambon.


“Kita sudah keluarkan surat nomor 82 tahun 2021 tertanggal 2 Februari 2021, tentang pemberhentian sementara dari ASN,” jelas Kepala BKD Maluku, Jasmono, kepada awak media di Kantor Gubernur, Selasa (23/2).

Menurutnya, Eric Manuputty kini berstatus terdakwa dan di tahan. Sehingga berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor: 53 Tahun 2010 tentang displin PNS dan Peraturan Pemerintah Nomor: 17 Tahun 2020 tentang manajemen PNS, maka aparatur yang berstatus tersangka dan ditahan harus diberhentikan sementara sebagai ANS. “Aturan memungkinkan diberhentikan dan sedang kita proses,” tegasnya.

Lanjutnay, proses pemberhentian secara penuh sebagai ASN, kata Jasmono, harus menunggu hasil sidang di pengadilan. “Yang pasti, hasil sidangnya seperti apa, baru kita bisa mengambil keputusan dipecat atau tidak,” tandasnya.

Ketika dikeluarkannya surat pemberhentian sementara dengan TMT tertanggal 29 Januari 2021, maka sesuai dengan aturan yang berlaku, yang bersangkutan dipotong haknya sebagai ASN sebesar 50 persen dari dasar gaji.

“Kita menunggu hasil keputusan PN nanti. Jika yang bersangkutan diputuskan diatas dua tahun, maka akan diberhentikan secara tidak terhormat sebagai ASN, dan hak-hanya tidak lagi dapat,” pungkasnya.(BTA)

Comment