by

ASN Pemkot Dilarang Mudik

Ambon, BKA- Bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) lingkup Pemerintah Kota Ambon, tidak diizinkan untuk keluar daerah maupun mudik, selain perjalanan dinas. Kebijakan ini mulai diberlakukan tanggal 6 hingga 17 Mei 2021 mendatang.

“Tidak diijinkan keluar daerah. Selain mereka (ASN) melakukan perjalanan Dinas,” ungkap Jubir Satgas Percepatan dan Penanganan Covid-19 Kota Ambon, Joy Adriansz, kepada wartawan, Senin (19/4).
Larangan tersebut, kata Joy, sesuai Surat Edaran Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) dan Menteri Pendayagunaan dan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) Tjahjo Kumolo, nomor 8 tahun 2021, tentang Pembatasan Kegiatan ke Luar Daerah atau Mudik, Cuti bagi ASN dalam masa pandemi Covid-19.

“Kita sudah tindak lanjut surat edaran itu. Kami berikan edaran kesuluruh ASN di lingkup Pemerintah Kota Ambon. Kami harap tidak ada ASN yang melanggar. Karena ini juga untuk kebaikan bersama,” tegasnya.
Meskipun telah diberikan edaran, sambung Joy, pihaknya juga akan memberikan sosialisasi secara langsung kepada seluruh ASN Pemkot Ambon. Sehingga mereka tidak lupa atau apatis dengan edaran dimaksud.
“Kita juga nanti turun berikan sosialisasi kepada ASN terkait edaran itu. Yang pastisipasinya dalam waktu dekat ini. Sementara inikan kita lagi siapkan halal terkait edaran itu, untuk disosialisasikan,” sebutnya.

Tambah dia, bagi ASN maupun masyarakat diharapkan untuk selalu menerapkan protokol kesehatan. Guna menekan tingkat penyebaran Covid-19 di Kota Ambon yang hingga kini masih mewabah.

“Protokol kesehatan harus terus kita terapkan. Sebab, Covid-19 ini masih belum dapat dibasmi. Kemungkinan dengan bantuan masyarakat tentang penerapan protokol kesehatan kita dapat keluar dari zona sekarang (zona orange), ” tutupnya. (IAN)

Comment