by

ASN SBT Diingatkan Jaga Kepercayaan Bupati

beritakotaambon.com – Penjabat Sekda Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT), Jafar Kwairumaratu, ingatkan seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemkab SBT, untuk menjaga kepercayaan yang telah diberikan Bupati, Abdul Mukti Keliobas.

Menurutnya, jika kepercayaan yang diberikan itu tidak dilaksanakan dengan baik dalam tugas pemerintahan, maka akan dikenakan sanksi sebagaimana amanat undang-undang nomor 05 tahun 2014 tentang, ASN. Selain itu, berdasar Peraturan Bupati (Perbub) tentang kode etik dan kode perilaku ASN di Pemkab SBT.

“Jika bekerja melanggar aturan, akan dikenakan sanksi sebagaimana undang-undang nomor 5 tentang ASN dan Perbub tentang kode etik dan kode perilaku ASN,” terangnya Kwairumaratu, saat memberikan arahan kepada empat Penjabat Negeri Administratif yang baru dilantik oleh Wakil Bupati SBT, Idris Rumalutur, kemarin.

Kwairumaratu juga ingatkan empat penjabat tersebut, bahwa bentuk kepercayaan Bupati untuk menjalankan roda pemerintahan di desa, sejatinya harus diimplementasikan dalam bentuk kerja keras, kerja ikhlas dan kerja baik.

“SK pengangkatan Penjabat Kepala Negeri Administratif yang diberikan Bupati, itu adalah amanah. Amanah itu harus dijaga dengan baik. Diimplementasikan dalam kerja keras, kerja baik, kerja ikhlas. Sebab itu adalah obat dari segala penyakit,” tandasnya.

Baca juga: BPN SBT Siap Menuju WBK dan WBBM di 2022

Dikatakan, jika amanat tersebut tidak dilaksanakan dengan baik dalam urusan pemerintahan, tentunya menjadi penyakit bagi diri sendiri. “Jika tidak dilaksanakan dengan baik, maka jadi penyakit untuk diri sendiri. Jadi harus bekerja dengan baik. Itu harapan pemerintah daerah,” pesannya.

Selain sebagai Penjabat Negeri Administratif, sambung dia, para ASN juga harus menjaga etika dalam melakukan tugas pemerintahan. Baik di tingkat desa, kecamatan maupun di kabupaten. “Jika ada yang malakukan tugas yang bertentangan dengan semua itu, akan ditindaklanjuti di Majelis Kode etik dan Kode Perilaku ASN,” pungkasnya.

Diketahui, empat penjabat yang baru dilantik diantaranya, Hairia Rumata sebagai penjabat Negeri Administratif Madak, Ali Rumeon sebagai penjabat Negeri Administratif Karai, Kecamatan Teluk Waru.

Kemudian Jafar Rumain sebagai Penjabat Negeri Administratif Lian Tasik, Kecamatan Siritaun Widatinur, dan Abdulah Pelapory sebagai Penjabat Negeri Administratif Undur di Kecamatan Kilmury. (SOF)

Comment