by

Atasi Kemiskinan Butuh Inovasi Cerdas

Mengatasi masalah kemiskinan yang ada di suatu kawasan, kerja keras serta inovasi perlu dikembangkan baik oleh pihak pemerintah maupun masyarakat. Salah satunya di Desa Nania, Kecamatan Baguala, Kota Ambon yang terus mendorong berbagai program untuk menekan angka kemiskinan.

Sekertaris Desa Nania, Sandra mengatakan, peran masyarakat dalam mendukung program pemerintah memberantas kemiskinan sangat penting.

Lewat inovasi cerdas dari pemikiran anak-anak muda di kawasan Nania, diyakini mampu untuk mengatasi masalah kemiskinan

“Banyak masyarakat Nania yang masih tergolong kurang mampu. Pekerjaan mereka itu petani, ojek, nelayan makanya ini menjadi perhatian khusus kami pihak desa,” sebut Sandra, saat dihubungi koran ini, Senin (5/7).

Menurut dia, banyak program yang bisa dijalankan oleh pihaknya. Namun untuk mengatasi masalah kemiskinan butuh inovasi dan gagasan yang baik agar masalah ini bisa diatasi.

“Kalau lewat bantuan saja itu tidak cukup untuk menunjang ekonomi mereka. Harus ada inovasi yang dilakukan untuk dapat mengatasi masalah kemiskinan ini,” ucapnya.

Lewat pelatihan-pelatihan UKM, sambung Sandra, peningkatan kapasitas maupun membuka pemikiran-pemikiran berwirausaha kepada para pemuda-pemudi yang ada di desa, akan menjadi target Desa Nania dalam melaksanakan program berantas kemiskinan.

“Kita akan coba melatih mereka yang memiliki usaha mikro untuk bagaimana mencari konsumen membeli dagangan mereka. Kita akan buat dalam bentuk pelatihan, nantinya kapasitas juga akan ditingkatkan. Agar dalam menjalankan suatu program adanya inovasi baru yang dibentuk,” tuturnya.

Ia berharap, rancangan yang sudah dilakuka pihaknya dapat berjalan dengan baik kedepannya.

“Kita belum bisa menjalankannya karena masih terkendala Covid-19. Namun saya berharap rancangan yang sudah saya buat dapat berjalan dengan baik,” pungkasnya. (BKA-2)

Comment