by

Atasi Stunting Jadi Fokus Pemdes Tifu

BURU-BKA, Penanganan stunting menjadi salah satu fokus Pemerintah Desa (Pemdes) Tifu, Kecamatan Lolong Guba, di tahun 2021.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Tifu, Zeth Belen, mengungkapkan, kesehatan merupakan bagian terpenting dari kesejahteraan masyarakat, karena sebagai kebutuhan dasar manusia, disamping sandang, pangan, dan papan.

Menurutnya, secara umum, kondisi kesehatan masyarakat Indonesia sudah semakin membaik. Namun masih ada sebagian masyarakat yang hidup jauh dari pola hidup sehat, sehingga berdampak pada tumbuh kembang anak secara optimal.

Kondisi tersebut, katanya, membuat Pemdes Tifu berupaya agar setiap anak di desa tersebut dapat tumbuh dan berkembang secara optimal, serta terhindar dari masalah stuntng.

Salah satu upaya yang dilakukan untuk mencegah stunting, katanya, yakni, memberikan makanan tambahan berupa makanan sehat kepada balita dan anak usia dini. Seperti yang dilakukan pekan lalu.

“Jadi melalui program itu, kita berikan makanan tambahan berupa makanan sehat kepada balita dan siswa PAUD. Dengan maksud, supaya meningkatkan gizi pada anak-anak kita,” kata Zeth Belen, kepada BeritaKota Ambon, belum lama ini.

Ada tiga kegiatan yang terus dilakukan Pemdes Tifu, ungkapnya, dalam upaya mencegah stunting. Yakni, perbaikan terhadap pola makan, pola asuh, serta perbaikan sanitasi dan akses air bersih.

Dia mengatakan, program pencegahan stunting telah dimasukkan dalam APBDes Tifu 2021. “Kegiatan itu juga kita fokuskan, karena ada program desa yang sudah termuat dalam APBDes 2021 ini, tentang penanganan stunting,” pungkasnya.(MG-1)

Comment