by

Aturan Dilonggarkan, Waktu Kerja Satgas Bertambah

Ambon, BKA- Pasca waktu operasional bagi para pelaku usaha diperpanjang dari pukul 20.00 hingga 22.00 WIT, turut menambah waktu kerja bagi Tim Satuan Tugas (Satgas) Covid-19 Kota Ambon.

“Dengan ditambahkan waktu oprasional. Itu juga sesungguhnya menambah beban kerja kami, Tim. Karena kami harus bertahan sampai dengan pukul sekian itu,” ungkap Koordinator Fasilitas Umum Satgas Covid-19 Kota Ambon, Richard Luhukay, kepada wartawan di Balai Kota, Kamis (12/11).

Padahal, jelas dia, pihaknya yang bertugas waktu malam hanya berjumlah beberapa orang. Dan hal tersebut membuat kondisi di lapangan menjadi lemah.

“Tim kami hanya beberapa orang saja. Yang satu sisi belum didukung oleh personil keamanan lain. Jadi ada kelemahan disitu. Dan itu memang jadi evaluasi,” jelas dia.

Bahkan terang dia, jika ada jadwal untuk melakukan operasi untuk penegakkan protokol kesehatan di sore hari, pihaknya juga turut dilibatkan.

“Setelah itu, yang lain bisa istirahat, dan tim saya yang tetap bertahan sampai malam. Jadi ini memang satu realita yang nanti akan menjadi bahan evaluasi, ” sebut dia.

Bukan itu saja, menurut dia, resiko resistensi perlawanan dari masyarakat kepada pihaknya yang bertugas malam sangat tinggi. Untuk itu, pihaknya selalu berhati-hati ketika menjalankan tugas.

“Saya dengan tim saya sangat hati-hati sekali. Karena satu sisi, kondisi fisik tim saya juga terbatas. Dan jika betul terjadi resistensi di lapangan itu bisa berbahaya,” ucap dia.

Richard menambahkan, setelah menjalankan swiping malam bagi tempat-tempat usaha, pihaknya juga lanjut dengan apel pagi. (BKA-1).

Comment