by

Aturan Pemdes Juga Penting Bagi Sekolah

Ambon, BKA- Berbagai aturan maupun kebijakan dari pemerintah desa (pemdes) ternyata dirasa penting bagi sekolah, dalam rangka menjalankan proses pembelajaran ditengah pandemi Covid-19. Hal itu diungkap Kepala SD Yakobus, Paternus Refwalu.

Dia mengaku, untuk pengambil berbagai kebijakan atau keputusan secara internal sekolah, pihaknya selalu mempertimbangkan aturan yang telah diterbitkan Pemdes Batu Merah, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon.

“Bahwa memang ada aturan dari Pemerintah Pusat (Pempus) maupun Pemerintah Daerah (Pemda), tapi juga kan ada aturan dari desa. Untuk itu, perlu diseuaikan juga kalau mau ambil keputusan. Dan bagi saya, itu sangat penting. Misalnya, soal belajar tatap muka. Tidak mungkin saya hanya dengar dinas dan yayasan, lalu abaikan aturan Pemdes Batu Merah. Padahal semua itu penting. Sekarang Batu Merah masih dalam zona merah. Karena itu, sekalipun pemerintah ijinkan kita belajar tatap muka, tapi pemdes tidak ijinkan, maka pasti kita tetap belajar jarak jauh. Karena kita adalah bagian dari wilayah desa itu,” ujar Refwalu, Senin (7/12).

Dikatakan, secara internal sekolah, pihaknya berkeinginan adanya belajar tatap muka di tahun 2021. Namun hal itu butuh koordinasi yang maksimal. Bukan saja dengan Dinas Pendidikan Kota Ambon, tapi juga dengan pihak yayasan dan orangtua, serta pemdes setempat.

“Kalau dijinkan, maka kita akan belajar tatap muka tahun 2021. Itu pun tidak setiap hari. satu minggu sekali dulu, sambil lihat perkembangannya. Kalau tidak, maka tetap kita belajar jarak jauh terus. Jadi nanti kita koordinasi dulu dengan dinas, pemdes, yayasan dan juga orangtua. Karena memang untuk sekarang ini, Desa Matu Merah masih zona merah. Memang kita tidak kena virus, tapi kita dalam wilayah Batu Merah, jadi harus juga sesuaikan dengan kondisi dulu. Kita berdoa, mudah-mudahan, semuanya baik-baik saja. Jika Tuhan berkehendak, kita pasti belajar tatap muka,” tandas Refwalu.(LAM)

Comment