by

Awal 2021, Desa Waenetat Jalankan Program Unggulan

Ambon, BKA- Pemerintah Desa (Pemdes) Waenetat, Kecamatan Waeapo, tengah bersiap untuk menjalankan berbagai program unggulan di awal 2021 mendatang.

Penjabat Kepala Desa (Kades) Waenetat, M. Jamli Halimombo, mengungkapkan, berbagai program unggulan yang akan dijalankan tersebut pada dasarnya merupakan program 2020 yang tertunda, akibat adanya pandemi Covid-19.

Menurutnya, program 2020 hanya difokuskan untuk penyaluran bantuan sosial kepada masyarakat, mulai April hingga Desember 2020.

Untuk itu, berbagai program unggulan yang tertunda di 2020 akan dilanjutkan di 2021, agar program tersebut bisa mendapatkan output yang baik.

“Kami sudah menyiapkan rancangan kerja untuk tahun 2021. Target kita sudah ada. Kalau mau dikata, sebenarnya itu berdasarkan rancangan tahun 2020 yang sempat tertunda karena kondisi pandemi. Jadi itu kami masukkan kedalam kegiatan untuk awal tahun 2021, dan rencananya mulai Januari ini sudah bisa kami jalankan,” kata Jamli, kepada BeritaKota Ambon, Minggu (27/12).

Berdasarkan naskah program kerja tahun 2020, yang menjadi target pemerintah desa dalam pengalokasian anggaran adalah 70 persen untuk pembangunan fisik, 30 persen untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat.

Waenetat, lanjutnya, merupakan desa dengan jumlah penerima BLT terbesar di Kecamatan Waeapo, yakni, sebanyak 216 Kepala Keluarga.

Secara keseluruhan, Desa Waenetat memiliki sekitar seribu KK, yang tersebar pada satu desa induk dan tiga dusun.

“Di desa kita ini sangat banyak jumlah penduduknya, dan juga peneriman BLT berdasarkan pendataan layak menerima itu berjumlah 216 penerima. Maka kalau di hitung secara totalitas untuk alokasian anggaran dana desa kepada BLT sebesar kurang lebih Rp 700 jutaan lebih. Belum termasuk intensif lain untuk konsumtif,” pungkasnya. (MSR)

Comment