by

Awal Tahun, Aleg DPRD Malas Berkantor

Ambon, BKA- Meski masa liburan Natal dan Tahun Baru 2021 telah berakhir, namun sebagian besar anggota legislatif (Aleg) DPRD Kota Ambon malas berkantor. Dari total 35 aleg yang ada, hanya beberapa anggota yang terlihat hadir.

Pantauan koran ini, kondisi parlemen Kota Ambon ini, sepi dari aktivitas sejak Senin (4/1) kemarin. Yakni hanya 2 anggota DPRD yang berkantor. Begitupun dengan pegawai sekretariat, hanya sebagian yang berkantor.

Sementara pada Selasa (5/1) kemarin, kondisi DPRD masih sama. Yakni hanya beberapa anggota yang hadir untuk mengikuti rapat internal lewat Badan Musyawarah (Bamus) DPRD. Sementara puluhan anggota lainnya belum juga mau berkantor.

Padahal ada banyak hal yang harus dievaluasi oleh DPRD lewat komisi-komisi yang ada, sesuai tugas pokok dan fungsi (tupoksi) yang dimiliki. Seperti penyaluran vaksinasi Covid-19, evaluasi bantuan sosial 2020 dan lanjutan 2021, hutang pihak ketiga, kelanjutan belajar daring dan sejumlah persoalan lainnya yang belum tuntas dibahas di tahun 2020.

Termasuk hasil pengawasan anggaran Covid-19 lewat Panitia Khusus (Pansus) Covid-19 yang belum disampaikan kepada publik, terkait berapa besar anggaran Covid-19 yang telah digunakan Pemerintah Kota lewat Satgas Covid-19 kota Ambon.

“Tadi kita baru rapat internal bamus, jadi mungkin satu dua hari besok ini ada agenda-agenda yang perlu dibahas. Kalau soal anggota yang belum hadir silahkan tanyakan ke pimpinan DPRD,” singkat Ketua Komisi I DPRD Kota Ambon, Zeth Pormes, kepada wartawan di gedung DPRD Belakang Soya, Selasa (5/1).

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Ambon, Elly Toisuta belum berhasil dikonfirmasi terkait ketidakhadiran puluhan anggota DPRD maupun soal hasil rapat Bamus, hingga koran ini naik cetak. (UPE)

Comment