by

Babinsa Ajak Warga Garap Lahan Tidur

Ambon, BKA- Dengan kondisi pandemi Covid-19 yang masih merebak, peningkatan produksi pangan bagi masyarakat masih terasa sulit. Babinsa Koramil 1502-09/Bula Kodim 1502/Masohi, kemudian mengajak warga desa Wailola, Kecamatan Bula, Kabupaten Seram Bagian Timur (SBT) untuk menggarap lahan tidur.

Terlihat jelas, Babinsa Serda Nur Arifin, mengajak warga untuk memanfaatkan lahan tidur belum tersentuh hingga saat ini. Upaya yang dilakukan, agar tanah tersebut dapat dimanfaatkan secara optimal.

Dengan berbekal pengetahuan pertanian terbatas, Serda Nur Arifin kemudian membantu menggarap lahan seluas lebih kurang 1 hektar, milik salah satu warga sekitar Suharno. Kemudian dibantu warga untuk menanam jenis tanaman semusim, berupa jagung.

Selain menanam jagung, Serda Nur Arifin juga berencana akan menanam beberapa jenis tanaman semusim lainnya. Seperti umbi-umbian sebagai lumbung ketahanan pangan, agar dapat memenuhi kebutuhan harian warga.

Dikatakan, hal itu dilakukan sebagai upaya membantu warga binaan dalam memenuhi ketersedian pangan disaat pandemi. Dan upaya yang dilakukan pun terbilang cukup sabar. Mulai dari pembukaan lahan, pendampingan terhadap warga hingga proses panen dan akan terus diupayakan proses penjualannya.

“Intinya kami Babinsa Desa, selain melakukan pendampingan juga sebagai motivator. Sehingga warga mau berbuat di tengah keterbatasan ekonomi,” ungkap Serda Nur, lewat rilisnya kepada koran ini, Jumat (5/2).

Menurut dia, salah satu cara untuk memerangi wabah covid 19 selain menjalankan protokol kesehatan (prokes), cara lainnya adalah peran serta anggota Babinsa di wilayah. Untuk merangkul dan menggandeng tangan warga dalam meningkatkan ketahanan pangan, terkhusus meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bula. (PEN 151).

Comment