by

Babinsa Bantu Warga Benahi Jaringan Air Bersih

Ambon, BKA- Bintara Pembina Desa (Babinsa) Koramil 06/Wetar, Komando Distrik Militer 1511/Pulau Moa, Sertu Nithanel Toni, turut hadir membantu warga desa Nabar, kecamatan Wetar Utara, kabupaten Maluku Barat Daya (MBD) untuk membenahi pemasangan pipa jaringan air bersih.

Sertu Nithanel, saat dikonfirmasi koran ini, Sabtu (06/02) mengatakan, air bersih merupakan salah satu kebutuhan masyarakat yang sangat penting. Dan di musim penghujan seperti saat ini di MBD, sering terjadi kerusakan pipa akibat aliran air sungai yang cukup deras.

Olehnya itu, sambung dia, kerusakan pipa tentu berakibat pada kesulitan masyarakat untuk mendapatkan air bersih. Dan untuk mengatasinya, dibutuhkan tindakan guna membenahi atau menyambung kembali pipa yang terlepas.

Dikatakan, untuk mencapai lokasi sumber air bersih, setiap orang yang melintas harus menempuh jarak beberapa kilometer. Dan sumber air bersih tersebut adalah satu-satunya sumber air bersih bagi masyarakat desa Nabar. Karena melihat kesulitan tersebut, dirinya berinisiatif bersama masyarakat setempat untuk melalukan kerja bakti.

“Inisiatif untuk pembenahan pipa jaringan air bersih ini, mendapat respon yang sangat baik dari masyarakat desa setempat. Hal ini pun saya lakukan, tak lain untuk memenuhi kebutuhan air bersih setiap harinya,” ungkapnya.

Menurutnya, kebutuhan akan air bagi manusia merupakan hal mendasar dan wajib dipenuhi. Sebab setiap mahluk hidup tentu tidak akan terpisahkan dari air.

“Air sangat berfungsi dan berperan bagi kehidupan, untuk menunjang aktifitas dan kehidupan. Manfaat menggunakan air bersih adalah agar masyarakat terhindar dari gangguan berbagai penyakit dan kehidupan tetap terpelihara,” paparnya.

Sertu Nithanel berharap, melalui kerja bakti bersama masyarakat, masyarakat desa Nanar di musim penghujan tidak lagi mengalami kesulitan, akibat rusaknya pipa-pipa penyalur seperti sebelumnya. (GEM)

Comment