by

Babinsa Kodim Ambon Tanggap Korban Bencana

Sejumlah bencana alam baik banjir maupun longsor yang terjadi baru-baru ini di wilayah Kota Ambon hingga Kabupaten Maluku Tengah, telah direspon pihak Kodim 1504/Ambon. Ini sebagai bukti Kemanunggalan TNI dan Rakyat, karena dinilai tanggap membantu korban bencana alam.

Komandan Kodim (Dandim) 1504/Ambon, Kolonel Inf C Soumokil mengatakan, bukti tanggap bantu para korban bencana yang terjadi telah dilakukan beberapa prajuritnya. Salah satunya saat terjadi longsor di wilayah Desa Hative Besar, paska hujan lebat yang terjadi pada Minggu (11/7) malam. Sehingga personilnya turun langsung ke lokasi bersama beberapa pihak untuk melakukan pembersihan material longsor.

Tak hanya di wilayah Ambon, lanjutnya, salah satu Babinsa Liliboi, Serma Analinda bersama warga Liliboy, juga telah melaksanakan pembersihan dan mengangkat material pasir lumpur yang ada di sekitar jalan.

Untuk hari ini (kemarin) bersama warga, Babinsa Liliboy pada pukul 09.30 WIT telah melakukan pembersihan ruas jalan. Agar kendaraan roda dua maupun empat bisa melalui ruas jalan tersebut, terang Dandim, lewat rilisnya kepada Koran ini, Rabu (14/7).

Selain Babinsa Liliboy, lanjut Dandim, Babinsa Negeri Wakasihu, Kecamatan Leihitu Barat, Kabupaten Maluku Tengah, juga telah membantu membersihkan tanah longsor rumah salah seorang warga binaan, yakni Anwar Polkeke (60).

Dijelaskan, tanah longsor terjadi sekitar pukul 01.00 WIT Senin dini hari itu, akibat curah hujan yang tinggi. Sehingga tanah di belakang rumah keluarga Polkeke alami longsor yang cukup parah.

Sementara itu, Sertu Paulus menambahkan, saat mendapat laporan dari warga binaannya, sebagai babinsa di desa tersebut langsung turun tangan untuk membantu. Yakni bersama warga sekitar bergotong-royong melaksanakan kerja bakti, untuk mengangkat dan membersihkan material tanah longsor yang ada.

Dalam kegiatan itu, warga terlihat sangat antusias dan bersemangat bergotong-royong kerja bakti membersihkan atau mengangkat material longsoran, terang Paulus.

Menurutnya, sebagai Babinsa harus tanggap dalam setiap kesulitan warga binaannya, seperti yang dialami keluarga Polpoke yang baru saja terkena musibah tanah longsor dan mengakibatkan dinding rumah bagian belakang rusak.

Sudah menjadi tugas saya selaku aparat teritorial (babinsa) untuk selalu membantu warga saya yang membutuhkan bantuan. Dan ini merupakan momen untuk meningkatkan kerja sama yang baik dengan warga binaan. Mudah-mudahan dengan bantuan kami, dapat meringankan beban keluarga Polkeke, harapnya. (SAD)

Comment