by

Babinsa Sula Siap Pengamanan Pilkades

Ambon, BKA- Guna ciptakan pemilihan kepala desa (Pilkades) yang aman dan lancar, Komandan 1510/Sula, Letkol Inf Tri Yudianto mengerahkan seluruh Babinsa jajaran Kodim 1510/Sula, untuk apel pengamanan Pilkades serentak, Kabupaten Kepulauan Sula, di Makodim 1510/Sula, Sanana, Maluku Utara, Jumat (16/04).

“Bersama unsur terkait sebelum melaksanakan tugas pengamanan, diharapkan semua perencanaan yang telah dipersiapkan dapat berjalan dengan optimal. Sehingga memberikan rasa aman kepada panitia penyelenggara calon kepala desa. Dan menjamin masyarakat dapat memberikan hak pilihnya sesuai dengan hati nurani,” ungkap Yudianto.

Menurutnya, pihak Kodim sudah mempersiapkan dengan matang, tahapan kesiapan pastinya sudah dilaksanakan hingga Danramil dan Babinsa. Bahkan Dandim juga sudah melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat, agar dapat mendukung pelaksanaan pilkades secara benar dan damai.

“Kami beserta jajaran berkomitmen untuk ikut mensukseskan pengamanan Pilkades dengan berpedoman pada netralitas TNI yang selalu ditekankan oleh Panglima TNI dan Kasad,” jelasnya.

Sementara itu, Kabag Pemerintahan Setda Kepulauan, Sula Aswin Soamole menambahkan, pelaksanaan pilkades serentak masih menunggu Peraturan Bupati (Perbup) dan pelaksanaannya sedikit berbeda dari Pilkades sebelumnya.

Sebab, ada perubahan Peraturan Menteri Dalam Negeri (Permendagri) nomor 112 tahun 2014 atas perubahan Permendagri 72 tahun 2020 tentang Protokol Kesehatan (Prokes). (Pendam16).

Comment