by

Bagi Bansos, Kelurahan Waihoka Ikuti Protokol

Ambon, BKA- Kelurahan Waihoka, Kecamatan Sirimau kembali membagikan bansos. Baik Bantuan Sosial Tunai (BST) dan juga sembako. Lurah Waihoka mengakui bahwa ini merupakan tahap ke empat dan lima untuk BST, dan bulan kelima untuk pembagian sembako. Pembagian kali ini akan dilakukan dikantor lurah Waihoka, dan akan dibagikan langsung oleh dinas sosial. Lurah Waihoka juga menegaskan bahwa penyaluran bansos dikelurahan ini sudah merata, karena semua data diambil dari RT setempat yang lebih mengetahui warganya. Untuk BST nama penerima ditentukan oleh dinas sosial sesuai data yang dimasukan.

” Jadi terkait dengan pembagian BST, kemarin dari dinas sosial sudah membawa data nama penerima. Rencananya pembagian BST itu di kantor kelurahan saja tapi disesuaikan dengan jam yang diatur dinas sosial. Jumlah penerima yaitu 117 orang, dan ini merupakan tahap ke empat dan kelima pembagiannya. Kalau sembako kemarin sudah tersalurkan untuk bulan kelima yaitu bulan agustus terhitung sejak april. Menurut saya bansos sudah merata karena pendataan dari warga sendiri melalui RT,” pungkas Agus Pattikawa lurah Waihoka.

Pattikawa juga menambahkan bahwa setiap protokol yang ada tetap diperhatikan saat pembagian bansos, bahkan tim gugus tugas selalu siap dalam mengawal pembagian. ” Dalam proses pembagian BST maupun sembako, kami selalu memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku. Protokol yang diperhatikan seperti cuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak. Bahkan saat pembagian tim gugus yang terdiri dari RT selalu mengawal dan memperhatikan warga,” tambahnya.

Pattikawa juga mengakui bahwa ia dan tim gugus tugas tidak pernah berhenti dalam mengingatkan warga untuk bersiaga dalam menanggapi covid-19. Berbagai upaya pun selalu diterapkan agar bisa menekan penyebaran covid-19 di kelurahan ini. Mulai dari sosialisasi warga agar tetap dirumah sampai dengan pemantuan langsung RT diwilayah masing-masing. Kelurahan ini mngerti bahwa penyakit ini tidak bisa dianggap remeh oleh warga.

“Kalau dari pemantauan dan data yang terakhir masuk, kami disini sudah masuk dalam zona hijau penyebaran covid. Untuk penanganannya kami selalu menyiagakan tim gugus tugas dalam hal ini RT agar selalu memantau warganya. Kami juga selalu sosialisasi kepada warga untuk tetap tinggal dirumah, jika ingin bepergian jangan lupa memakai masker. Karena pernah ada warga kami yang meninggal akibat covid, jadi kami selalu tegaskan warga untuk ikuti protokol yang ada,” tutupnya. MG-1

Comment