by

Bahan Pokok di Ambon Masih Terjamin

beritakotaambon.com – Kebutuhan pokok untuk wilayah Maluku, khususnya kota Ambon masih tersedia untuk beberapa bulan kedepan. Hal ini diakui Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Provinsi Maluku, sesuai hasil pantauan di pasaran.

“Untuk kebutuhan pokok di Maluku, dan khususnya Ambon, kesediaan untuk beras saja di atas enam bulan hasil ketahanan yah, hasil pantau teman teman perindag di distributor,” terang Kepada Bidang Perdagangan Dalam Negeri, Disperindag Maluku, Poli Jamlean, kepada wartawan, Sabtu (28/8).

Dijelaskan, sesuai hasil pantauan pada ritel-ritel atau gerai modern seperti Indomaret maupun Alfamidi dan gerai lokal, stoknya masih mencukupi hingga beberapa bulan kedepan.

“Untuk ritel-ritel modern seperti Indomaret, Indojaya, dan Planet masih ada stok beras dan kebutuhan pangan lainnya,” paparnya.

Baca juga: Kapal Perintis Kembali Beroperasi

Dirincikan, untuk beras masih ada 3.107,8 ton, minyak goreng 530.616,0 ton, terigu 1.992,6 ton, telur ayam 396.816,0 ton, gula pasir 382,8 ton, margarin 58,7 ton, susu kaleng 572.076,0 ton, ayam ras 505,6 ton, dan garam 57,8 ton. “Kita masih punya banyak stok untuk tiga sampai enam bulan ke depan,” sebut dia.

Menurut Poli, kondisi ini tetap terjaga, lantaran koordinasi yang dibangun bersama para distributor maupun pemilik gerai modern dan lokal tetap terjaga dengan baik. Termasuk dengan perusahan pelayaran.

“Ada 4 perusahan pelayaran, setiap barang mau masuk dan keluar mereka sampaikan berapa barang yang masuk dan keluar. Karena kami jalani kordinasi dengan baik. Sehingga dipastikan, sampai saat ini distribusi kebutuhan pokok itu di Maluku lancar,” bebernya

Dikatakan, pihaknya masih rutin melakukan pengawasan bersama Satgas Pangan, untuk memastikan stok aman dan ketahan sampai waktu kedepan.

“Itu langkah-langkah yang kita lakukan, baik dalam kondisi hari raya maupun normal. Itu merupakan portal kami. Hari liburpun kami bekerja kalau memang kondisi kondisi yang sangat mendesak,” tandasnya.

Ia meneruskan, untuk ritel-ritel yang tersebar di seluruh Ambon dan Maluku, untuk beras ada 43,609 ton, minyak goreng 17.907 ton, terigu 13.355 ton, gula pasir 13.349 ton, telur 41.793 ton, susu kaleng 22.036 ton.

Baca juga:
Walikota Ingatkan Soal Perubahan Iklim

“Untuk di ritel sendiri untuk 3 bulan ke depan stok masih aman, ini akan terus dipantau oleh Disperindag. Kami juga bekerja sama dengan Badan POM dalam pengawasan makanan juga di bagian batch, juga tanggal kadaluarsanya. Agar bisa cepat diganti dan kita tidak kekurangan stok,” tutupnya. (MG-2)

Comment