by

Baharudin Djafar Warga Kehormatan Kota Ambon

Ambon, BKA- Mantan Kapolda Maluku, Irjen Pol Baharuddin Djafar, resmi dianugerahi sebagai Warga Kehormatan Kota Ambon. Pemberian gelar itu ditetapkan lewat Paripurna Khusus DPRD Kota Ambon, dihadiri Walikota Ambon, Richard Louhenapessy beserta jajaran dan Forkopimda Pemkot Ambon, Rabu (25/11).

Dalam Sambutannya, Richard menjelaskan, Baharuddin Djafar telah menjabat sebagai Kapolda Maluku kurang lebih 10 bulan di Kota Ambon sebagai ibukota provinsi Maluku. Dimana selama menjabat, Baharuddin telah memahami karakter masyarakat di tanah Raja-raja ini. Bahkan, adat istiadat di Kota Ambon telah dipahami Baharuddin.

Walikota dua periode ini mengaku, Baharuddin juga sangat mengetahui cara berkomunikasi dengan warga Maluku, terkhususnya di Kota Ambon. Dan terkadang, masyarakat Ambon menganggap kearifan lokal, hidup bersaudara lewat ikatan Pela dan Gandong itu hal biasa. Sementara masyarakat dari luar kota Ambon ingin mempelajari dan mengadopsi itu.

Dikatakan, selama menjabat sebagai Kapolda Maluku, Baharuddin selalu menjaga tatanan budaya Pela dan Gandong di Maluku, untuk modal dalam memelihara keamanan masyarakat. Dan penganugerahan Warga Kehormatan Kota Ambon yang diberikan kepada Baharudin Djafar sebelum kembali melanjutkan tugas di Mabes Polri, merupakan usulan seluruh kepala desa dan tokoh masyarakat kota Ambon. Yakni lewat surat yang dilayangkan kepada DPRD Kota Ambon.

“Meski baru 10 bulan mengabdi sebagai Kapolda Maluku, namun pak Irjen Pol Baharuddin Djafar sudah banyak membantu Pemerintah Kota dan masyarakat dengan setulus hati,” tandas Richard.
Menurut dia, dimasa jabatan Baharuddin, seluruh daerah di Indonesia termasuk Provinsi Maluku, dihantam bencana non alam (Covid-19). Tetapi, Baharudin selaku Kapolda Maluku saat itu tetap semangat dalam menjalankan tugasnya.

“Selain memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, memberikan perlindungan, pengayoman, dan pelayanan kepada masyarakat, tetapi pada saat yang bersamaan beliau (Baharudin Djafar) harus membantu pemerintah untuk menangani Covid-19. Serta bersinergi dengan pemerintah untuk mendukung seluruh program dan kegiatan pemerintah,” ucapnya.
Usai sambutan walikota, prosesi penyerahan penghargaan sebagai Warga Kehormatan Kota Ambon, langsung diserahkan oleh Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisutta.

Kepada wartawan, Elly Toisuta mengatakan, penganugerahan yang diberikan merupakan sebuah apresiasi dari masyarakat Kota Ambon atas prestasi yang dicapai ketika menjabat sebagai Kapolda Maluku.

“Kami sangat menitipkan harapan kepada beliau (Baharudin Djafar) sebagai mantan Kapolda Maluku yang pernah bersama-sama dengan rakyat dan masyarakat. Harapan kami sangat besar kepada beliau, sebagai warga di manapun akan melihat kepentingan-kepentingan warga kota Ambon kedepan,” harap Toisuta.
Sekedar tahu, paripurna tersebut berlangsung di ruang Paripurna DPRD Kota Ambon. Paripurna Khusus itu, dipimpin Ketua DPRD Kota Ambon, Ely Toisutta, didampingi Wakil Ketua DPRD I, Gerald Mailoa dan Wakil KEtua DPRD II, Rustam Latupono.

Turut hadir, Wakil Walikota Ambon, Syarif Hadler, Sekkot Ambon, A. G. Latuheru, puluhan anggota DPRD Kota Ambon, pimpinan OPD serta Forkopimda Kota Ambon. (BKA-1)

Comment