by

Baksos, Mahasiswa KKN Bersihkan Kelurahan Tihu

Sebanyak 25 Mahasiswa Universtas Pattimura (Unpati) Ambon yang melaksanakan KKN di Kelurahan Tihu, Kecamatan Teluk Ambon, melakukan bakti sosial (baksos) disekitar wilayah lingkungan kelurahan. Ini dilakukan agar lingkungan kelurahan tetap bersih dan terhindar dari bencana banjir saat hujan.

“Kita bersihkan lingkungan dari jalan setapak sampai pada selokan-selokan yang banyak dipenuhi sampah. Agar kebersihan lingkungan itu tetap terjaga dan juga mencegah terjadinya banjir karena musim penghujan,” ungkap Theo Tuasela, Ketua Kelompok Mahasiswa KKN, Theo Tuasela, kepada koran ini, Kamis (27/5).

Dikatakan, baksos yang dilakukan mendapat respon yang sangat baik dari pemerintah kelurahan maupun masyarakat sekitar.

Kepala Lurah Tihu, Noer. A. La Saleman menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para mahasiswa KKN yang sudah membersihkan lingkungan kelurahan dengan baik.

“Bakti sosial ini inisiatif dari mereka sendiri. Dimana mereka sangat peduli terhadap kebersihan lingkungan. Mereka ingin agar masyarakat selalu menerapkan pola hidup bersih, dengan selalu menjaga kebersihan lingkungan,” ucap Noer.

Ia berharap, dengan adanya bakti sosial yang sudah dilaksanakn para mahasiswa itu, dapat berdampak kepada masyarakat, untuk bisa menerapkan pola hidup bersih. Dengan menjaga kebersihan lingkungan, salah satunya membuang sampah pada tempatnya.

“Inikan musim penghujan. Dampaknya ini sangat besar kalau lingkungan kita kotor. Bisa menyebabkan penyakit, apalagi sekarang Covid-19 masih ada. Ini juga bisa memicu terjadinya banjir jika kita tidak merawat lingkungan. Jadi saya minta agar masyarakat bisa membuang sampah pada tempatnya dan bisa menjaga lingkungan tetap bersih,” harapnya. (BKA-2)

Comment