by

Banjir Tiba-Tiba Kepung Bula

Ambon, BKA- Warga Kota Bula dikejutkan dengan banjir yang melanda sejumlah kawasan secara tiba-tiba, Senin (23/11), sekitar pukul 15.00 WIT.

Kepanikan warga tak terhindar. Sebab hujan deras yang terjadi sekitar pukul 13.00 WIT, dua jam berikutnya langsung menyebabkan banjir yang cukup besar, sehingga merendam rumah mereka.


Misalnya di kawasan depan Kantor Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) SBT, di depan Kantor Dinas Pendidikan Kebudayaan Pumda dan Olahraga (Dikbudpora) SBT, depan Kantor Dinas Pemdes, Dinas Kesehatan, Dinas Diskoperindag, Dinas Capil, serta kawassan Pasar Baru Kota Bula.

Memang banjir tersebut berlangsung cukup singkat. Setelah hujan reda beberapa jam berikutnya, banjir pun berangsur surut. Warga yang sempat panik dengan banjir yang tiba-tiba, kembali melakukan aktivitas seperti semula.


Pjs Bupati Seram Bagian Timur (SBT), Hadi Sulaiman, yang mendapatkan informasi banjir tersebut langsung menyambangi lokasi banjir di depan Kantor KPU SBT. Dia didampingi Kapolres SBT, AKBP Andre Sukendar.

Ditemui BeritaKota Ambon di lokasi banjir, Hadi Sulaiman mengatakan, banjir tersebut merupakan dampak dari La Nina. “Kemungkinan efek samping La Nina yang sudah kita hadapi keberadaannya di Kabupaten SBT, khusus Kota Bula saat ini,” katanya.


Terangnya, proses La Nina melalui empat tahapan. Mulai dari perjalanan udara laut yang panas dari pantai Peru-Ekuador ke arah barat, sampai ke wilayah Indonesia.
Menghadapi fenomena alam tersebut, memang akuinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) SBT sudah melakukan sejumlah antisipasi bersama TNI dan Polri. “Sebenarnya Pemkab bersama TNI dan Polri sudah membuat langkah antisipasi melalui apel bersama di Lapangan Polres SBT. Apel itu untuk mengantisipasi kemungkinan yang terjadi dari efek samping La Nina,” ucapnya.

Sehingga salah satu langkah awal yang akan dilakukan Pemkab SBT saat ini, katanya, akan memindahkan aktivitas KPU ke Gedung Aula Serbaguna Dinas Kesehatan SBT, agar lebih aman. Sehingga seluruh proses pentahapan Pilkada dapat berjalan dengan lancar, terhindar dari masalah banjir.

“Disini, tadi saya, Kapolres dan Ketua KPU melakukan peninjauan di beberapa titik banjir. Dan memang salah satu titiknya ada di Kantor KPU,” katanya.

Selain itu, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Provinsi Maluku itu meminta agar masyarakat SBT lebih waspada terhadap dampak La Nina. (BKA-2)

Comment