by

Bankompol Perkuat Hidup Bertoleransi

Ambon, BKA- Bantuan Komunikasi Polisi (Bankompol) Nuri Provinsi Maluku memperkuat hidup bertoleransi sesama umat beragama. Dengan menugaskan anggota beragama Kristen menjaga pos pengamanan (PAM) dalam bulan suci Ramadhan.

Diketahui Bankompol dirikan pos PAM Ramadhan dibeberapa titik di Kota Ambon. Guna menjaga Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas) didalam bulan suci ramadhan tahun 2021. Serta bermaksud untuk membantu tugas dari aparat kepolisian maupun TNI.

“Kami akan bertugas menjaga Kamtibmas selama sebulan. Tujuan kami adalah membantu pihak kepolisian Republik Indonesia dan TNI dalam membagikan informasi. Sehingga Kota ini jauh dari tindakan kriminalisasi, ” kata Ketua Bankompol Nuri Maluku, M Akbar, Minggu (25/4).

Ia menjelaskan, PAM Ramadhan anggota yang dilibatkan beragama Kristen. Sementara jika hari besar bagi umat Kristen, yang nanti akan melakukan pengamanan yaitu anggota beragama muslim. Ini semata mata untuk memperkuat hidup bertoleransi.

“Jaga kamtibmas dalam bulan puasa ini adalah teman-teman kita dari agama Kristen. Sebaliknya juga begitu, hari besar bagi umat Kristen, anggota dari umat islam akan membantu polisi dan TNI dalam menjaga Kamtibmas. Deng begitu, masyarakat juga bisa melihat, bahagianya hidup bertoleransi, ” jelasnya.

Lebih lanjut, terang dia, organisasi mereka telah membagikan sebanyak 500 takjil gratis di lima kecamatan, Kota Ambon kepada warga muslim yang akan berbuka puasa, pada Sabtu (24/4).

Organisasi kemasyarakatan itu, sambung dia tidak bermaksud mencari panggung dengan memberikan takjil gratis. Bahkan kegiatan dimaksud sudah menjadi rutinitas setiap tahun, selama bulan suci ramadhan.
“Apa yang kita lakukan tidak ada maksud apa-apa. Semua untuk kebaikan masyarakat. Apa yang kita berbuat itu dengan ketulusan hati, bukan karena sesuatu, ” kata Akbar sapaan akrabnya.

Jika tahun depan organisasi yang melibatkan berbagai elemen masyarakat itu, diharapkan tidak dapat hambatan. Yang bisa membuat kegiatan dimaksud tidak berjalan lancar. “Saya harap, Tahun berikutnya kami bisa berbagi, ” imbaunya. (IAN)

Comment