by

Bansos Covid-19 di Ambon Aman

Ambon, BKA- Belakangan ini, publik diresahkan dengan penetapan tersangka Menteri Sosial RI, Juliari Batubara sebagai tersangka kasus korupsi bantuan sosial (bansos) Covid-19 oleh KPK. Namun Dinas Sosial Kota Ambon memastikan, bansos Covid-19 untuk kota Ambon tetap aman.

Sekertaris Dinas Sosial (Dinsos) Kota Ambon, Naldo Djelelep mengatakan, seluruh masyarakat terdampak Covid-19 di Kota Ambon tetap mendapatkan bansos Covid-19.

“Bantuan kita sudah jalan dari November. Dan Desember ini terakhir. Minggu ini kita buru, dan mungkin minggu ini sudah habis,” ungkap Naldo, kepada Wartawan di Balai Kota, Senin (7/12).

Menurutnya, Bansos tersebut berasal dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Ambon, berupa sembilan bahan pokok (sembako).

“Jumlah kalau Desember itu saya belum totalitas. Tapi kan berkisar diantara 11 ribu hingga 12 ribu Kartu Keluarga (KK) kan. Jumlah itu, tidak berlari lagi dari situ,” bebernya.

Dijelaskan, bagi warga yang menerima bansos Covid-19, datanya tidak melalui Dinsos Kota Ambon. Melainkan data keluar dari pihak kelurahan maupun desa, yakni melalui RT/RW.

“Data yang masuk itu melalui RT atau RW. Karena harus mengetahui secara RT atau RW. Kalau terjadi perubahan, kan mekanismenya kan sudah diatur,” tutur dia.
Naldo menyebutkan, jika ada data yang masih kurang, pihaknya kembalikan ke RT maupun RW dan kelurahan setempat. Agar Bansos bisa tepat sasaran.

“Mekanisme ini diluar dari bantuan-bantuan sosial lain yang dikeluarkan oleh Kementrian Sosial sendiri, yang sudah menjadi rutinitas dari tahun ke tahun,” ujar dia.
Naldo menambahkan, terkait persoalan kasus korupsi dana bansos Covid-19 yang menyeret Menteri Sosial, biarlah menjadi urusan pemerintah pusat. Karena yang terpenting persoalan tersebut tidak berimplikasi sampai ke kota Ambon.

“Masalah itu, tidak menjadi kewenangan kita di daerah untuk melihat itu. Biarlah apa yang terjadi di pusat dan itu menjadi kewenangan pusat. Intinya tidak mempengaruhi Bansos Covid-19 di Ambon,” tutupnya. (BKA-1)

Comment