by

Bansos Kelurahan Honipopu Tersalurkan

beritakotaambon.com – Bantuan sosial (bansos) yang diperuntukkan bagi warga Kelurahan Honipopu, Kecamatan Sirimau, Kota Ambon telah tersalurkan. Bantuan ini sempat terkendala, akibat Nomor Induk Kependudukan (NIK) warga yang tidak valid dengan data yang dimiliki pemerintah.

“Banyak sekali yang NIK nya tidak valid. Namun setelah upaya keras yang dilakukan oleh pihak kami, akhirnya NIK mereka sudah aktif kembali,” terang Lurah Honipopu, Novriel Yusuf, kepada BeritaKota Ambon, Selasa (24/8)

Kendati baru beberapa warga yang NIKnya telah aktif kembali, sambung Novriel, pihak kelurahan akan tetap berupaya agar semua warga Kelurahan Honipopu yang NIK nya tidak valid, akan diaktif kembali oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) Kota Ambon.

Baca juga: Stunting Jadi Program Penting Kelurahan

“Kami masih terus berkordinasi dengan pihak Capil untuk mengaktifkan semua NIK warga yang tidak valid itu. Karena mereka terkendala mengambil hak mereka, disebabkan NIK nya yang tidak valid,” sebutnya.

Novriel juga menyarankan, agar warganya tidak lagi melakukan pengurusan administrasi kependudukan (Adminduk) melalui calo. Sebab, hal tersebut akan berisiko dan tidak ditanggung Dukcapil.

“Contohnyakan sudah ada. NIK banyak yang bermasalah. Untuk itu saya minta agar tidak ada lagi masyarakat yang melakukan pengurusan KTP melalui calo. Lebih baik lakukan sendiri walaupun harus bolak balik camat dan capil, namun itu untuk kebaikan mereka,” pungkasnya (BKA-2)

Comment