by

Bantuan UMKM Siap Dicairkan

Ambon, BKA- Kepala Dinas Koperasi Kota Ambon, Marthin Kailuhu menyebutkan, Bantuan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) siap dicairkan kepada 7.321 penerima. Kementerian Koperasi Usaha Kecil Menengah (Kemenkop UKM) RI, telah menyalurkan bantuan kepada penerima UMKM lewat bank BRI.

“Data data sudah tidak sampai ke desa maupun kelurahan. Jadi untuk orang yang ada namanya, segera ke BRI untuk pencairan. Jadi ini untuk tahun 2021,” tandas Marthin, saat dikonfirmasi wartawan via handpone, Selasa (26/1).

Dituturkan, pihaknya telah mengusulkan sebanyak 30.013 orang penerima bantuan UMKM ke Pemerintah Pusat. Dan yang baru terverifikasi sebanyak 23.377 orang. Dan yang sudah dicairkan tahap pertama sebanyak 16.056 orang. Sementara tersisa 7.321 orang yang dananya sudah dicairkan ke BRI.

Sehingga diharapkan, kerjasama antara kepala desa, kelurahan, dan RT atau RW untuk selalu berkoordinasi dengan pihak bank. Agar secepatnya dana tersebut dicairkan kepada 7.321 orang tersebut.

“Tolong cek masing-masing dia punya warga, untuk segera pemberitahuan ke mereka dan datang ke BRI. Karena uang itu kalau sampai tanggal 31 ini (Januari), tidak hubungi BRI dananya dikembalikan ke negara dengan baik. Karena batas waktu pencairan sampai 31 Januari 2021,” himbaunya.

Marthin paparkan, dari 30.013 orang yang telah dikirim datanya ke pusat, sisanya sebanyak 6.636 orang. Dan untuk pencairan dananya, hingga kini pihaknya masih menunggu petunjuk resmi dari pusat.

“Sisa yang belum terkonfirmasi untuk dapat itu nasibnya bagaimana ? Dan kenapa mereka dananya belum keluar? Itu tidak ada konfirmasi sama sekali dari pusat. Karena data kan kita kirim ke pusat. Nanti pusat proses dan segalanya nanti, mungkin satu dua hari kan pasti ada rapat membicarakan hal tersebut,” kuncinya. (IAN)

Comment