by

Bappeda Siap Gelar Konsultasi Publik

Ambon, BKA- Agar semua program Organisasi Perangkat Daerah (OPD) dapat disinkronkan, Pemerintah Kota melalui Bappeda Litbang Kota Ambon siap melakukan konsultasi publik dalam waktu dekat. Hal tersebut dilakukan agar tidak ada program yang terkesan mubazir.

“Ini bertujuan agar, tidak lagi ada satu program yang dibuat oleh OPD lingkup Pemkot Ambon yang hanya terkesan mubazir,” kata Plt Kepala Bappeda-Litbang Kota Ambon, Enrico Matitaputty, kepada wartawan, di ruang kerjanya, Sabtu (6/2).

Menurut dia, konsultasi dimaksud nantinya akan membicarakan jenis-jenis program yang telah direncanakan pada tahun 2022 mendatang.

“Itu untuk tahun 2022. Pasalnya, kita sudah tidak bisa bicara tentang tahun 2021. Karena segala jenis perencanaan telah ditetapkan dalam APBD Murni 2021. Semua sinkronisasi yang dimaksud, agar bisa merealisasikan seluruh program pemerintahan walikota dan wakil walikota. Dengan begitu, segala jenis kegiatan OPD bisa lebih terarah, ” terangnya.
Dijelaskan, dalam konsultasi dimaksud, semua OPD akan mempresentasikan apa yang telah direncanakan dalam program tahun 2022 nanti.

“Kita akan dengar seluruh presentasi OPD. Dari hasil presentasi itu, maka bisa kita sinkronkan. Misalnya Disperindag ingin membuat pasar, berarti harus ada sinergitas program dengan dinas terkait yang menangani pembuatan jalan, lampu, air bersih serta limbah,” ujarnya.
Apabila tidak demikian, maka otomatis perencanaan Disperindag terkait revitalisasi pasar Mardika Ambon, bakal sia-sia.

“Kalau Disperindag mau buat pasar, minimal ada jalan untuk akses ke sana. Penerangan, air bersih, dan pengelolaan limbah sudah harus lengkap. Kalau tidak kan repot. Makanya, tujuan sinkronisasi program ini, agar begitu pasar jadi langsung bisa dipakai, ” tandasnya. (IAN)

Comment