by

Barcelona Kesulitan, PSG Tawari Kontrak ke Messi

Paris Saint Germain (PSG) dilaporkan telah mengajukan penawaran kontrak yang menggiurkan kepada Lionel Messi untuk bergabung dengan klub papan atas Prancis tersebut pada musim 2021/2022.

PSG mencoba memanfaatkan situasi permasalahan finansial Barcelona yang kesulitan segera mengikat Messi, dengan klub Prancis tersebut mengajukan penawaran kontrak kepada La Pulga.

Megabintang 34 tahun itu sempat ingin meninggalkan Barcelona pada musim panas 2020 lalu. Bahkan, Messi telah mengirimkan sebuah faks yang berisikan keinginan meninggalkan Barcelona pada Agustus 2020.
Messi menginginkan agar kontraknya yang seharusnya habis pada Juni 2021 dapat diputus lebih awal yakni pada akhir musim 2019/2020.

Tapi, Barcelona menganggap klausul yang memperbolehkan Messi pergi dengan agen bebas pada akhir musim 2020 disebut sudah kadaluwarsa pada Juni 2020 lalu.

Sementara, pihak Messi beranggapan tenggat waktu klausul tersebut seharusnya mundur mengikuti jadwal kompetisi musim 2019/2020 molor akibat pandemi Covid-19.

Messi akhirnya tidak bisa meninggalkan Barcelona pada musim panas lalu karena manajemen Barcelona berpegang pada klausul kontrak yang menyebut klub yang ingin meminang Messi wajib membayar sebesar 700 juta euro atau sekitar Rp 11,9 triliun.

Klausul tersebut membuat Messi sulit untuk mendapatkan klub baru yang siap mengeluarkan dana besar di tengah pandemi. Seiring kabar tersebut, isu Messi bakal reuni dengan Pep Guardiola di Manchester City di musim panas 2020 lalu pun akhirnya menguap begitu saja.

Messi pun mengalah dengan tidak memperpanjang kasus tersebut ke jalur hukum dan memilih bertahan di Barcelona hingga kontraknya benar-benar habis pada Juni 2021.

Sementara, Barcelona juga masih berusaha untuk mempertahankan Messi yang kini telah menjadi agen bebas. Awal pekan ini, Barcelona dan Messi dikabarkan telah menyepakati kontrak baru berdurasi dua tahun yang bisa membuat Messi bertahan di Camp Nou hingga Juni 2023.

Hanya saja Barcelona masih memiliki kendala untuk bisa mengikat Messi lantaran mereka masih memiliki masalah keuangan akibat pandemi Covid-19. Selain itu, Barcelona juga masih memiliki sedikit masalah dengan aturan Financial Fair Play yang diatur oleh UEFA yang membuat Blaugrana harus berhati-hati.

Bukan hanya itu Barcelona dilaporkan juga harus melakukan penjualan pemain agar bisa mendapatkan uang sebesar 400 juta euro dan melakukan pemotongan gaji pemain pada musim ini demi membuat neraca keuangan Barcelona ideal.

Kesulitan Barcelona untuk mengikat Messi ini pun dimanfaatkan oleh PSG. Dilansir dari Daily Mail, klub Prancis itu dikabarkan telah mengajukan penawaran kontrak yang menggiurkan kepada Messi agar bisa bergabung dengan PSG musim depan.

Tetapi Messi dikabarkan belum mengambil keputusan karena masih fokus membela Argentina di Copa America 2021. (INT)

Comment