by

Batu Meja Masuk Program Kotaku

Ambon, BKA- Kelurahan Batu Meja, kelurahan Sirimau menjadi salah satu kelurahan yang masuk dalam program Kotaku.

Program Kotaku adalah program pemerintah untuk mengatasi permasalahan lingkungan kumuh di Indonesia. Di provinsi Maluku hanya dua kelurahan yang menerima bantuan tersebut. Salah satunya yaitu kelurahan Batu Meja.

“Dalam hal ini hanya dua kelurahan di provinsi Maluku yang menerima bantuan tersebut. Yaitu kelurahan Kudamati dan Batu Meja. Hal ini karena dua kelurahan ini memiliki beberapa kesamaan topografi. Seperti geografi yang sama berbukit dan lembah serta memiliki jumlah penduduk yang sama-sama padat,” pungkas Siti Tuanaya lurah Batu Meja.

Bantuan tersebut akan difokuskan untuk masalah drainase, persampahan dan bantaran sungai. Biaya yang akan dicairkan sebesar satu miliar rupiah. Namun belum bisa dipastikan kapan dicairkan.

“Jadi kami akan fokus pada masalah sampah, perbaikan drainase dan bantaran sungai. Biaya yang nanti akan dikucurkan yaitu satu miliar lima ratus juta rupiah. Memang belum tahu pada bulan berapa dicairkan tapi yang pasti dalam tahun 2021 ini,” jelasnya.

Tuanaya berharap masyarakat bisa sadar akan permasalahan sampah. Dengan begitu

“Saya lebih berharap kepada masyarakat untuk sadar tentang sampah. Bahwa tidak perlu harus ada kerja sama dan bantuan untuk bisa perbaiki lingkungan. Tapi kesadaran dari individu harus lebih di utamakan. Agar jika tidak ada lagi program seperti ini kita sudah mandiri dan tidak tergantung lagi pada program pemerintah,” tutupnya. (BKA-1)

Comment