by

Batu Merah Desak Pelantikan Saniri

Ambon, BKA- Belum dilantiknya saniri negeri Batu Merah berdampak pada kegiatan pembangunan yang belum bisa berjalan.

Musrembang desa Batu Merah untuk program perencanaan tahun 2021 belum dilaksanakan. Hal ini dikarenakan belum dilantiknya dewan saniri negeri.

“Musrembang sampai saat ini belum dilakukan. Dewan saniri yang diajukan belum dilantik, masih menunggu putusan pemkot. Musrembang tidak bisa berjalan tanpa adanya saniri. Salah satu hal penting dalam musrembang yaitu dewan saniri,” pungkas Idrus Buamona pejabat desa Batu Merah.

Buamona mengakui banyak program yang terhambat akibat masalah pelantikan saniri. Seperti pemberdayaan dan pembangunan yang sudah direncanakan belum bisa berjalan.

“Ini memang menghambat banyak hal. Misalnya penetapan program tahun 2021 lewat musrembang. Kami tidak bisa menjalankan program yang sudah direncanakan seperti pemberdayaan dan pembangunan. Musrembang yang harusnya dilakukan tahun 2020 belum juga dilakukan hingga 2021 ini semua karena saniri masih menunggu putusan pemkot,” tambahnya.

Empat calon saniri yang diajukan mengalami masalah. Satu diantaranya sudah mengajukan penggantinya. Namun tiga calon yang lain masih menunggu putusan pemkot untuk bisa dilantik.

“Awalnya kami ajukan sembilan calon saniri, empat diantaranya ditolak. Namun kemarin terakhir satu yang bermasalah sudah memutuskan untuk diganti. Tiga sisahnya masih menunggu putusan pemkot,” tegasnya.

Pemdes berharap pemerintah kota bisa segera melantik saniri. Dengan begitu segaka program bisa direncanakan dan dilaksanakan.

“Kami berharap pemkot bisa dengan segera mengambil keputusan dan melantik saniri. Agar setiap program yang direncanakan bisa ditetapkan dan dilaksanakan. Warga Batu Merah juga memerlukan hal tersebut,” tutupnya. (JET)

Comment