by

Batu Merah Lakukan Pendataan IDM

Ambon, BKA- Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau menganggarkan sebanyak Rp. 60 juta dari Dana Desa (DD), untuk melakukan pendataan Indeks Desa Membangun (IDM) berbasis Sustainable Development Goals (SDGs).

Demikian diakui Sekertaris Desa Batu Merah, Arlis Lisaholet saat ditemui di ruang kerjanya, Senin (3/5). Dikatakan, Dana tersebut akan digunakan mulai dari sosialisasi, pembentukan tim pendataan, sampai dengan pendataan di masyarakat nantinya.

“Anggaran untuk pendataan itu kami ambil dari relokasi Dana Desa (DD). itu sekitar kurang lebih 60 juta. Itu kami pakai mulai dari sosialisasi. Kemudian untuk pembentukan tim yang kami rekrut tenaga pendataan dari masyarakat desa yang ada,”npungkasnya.

Diakui Lisaholet, pendataan itu sudah dilakukan semua desa yang ada di kota Ambon. Data ini nantinya bisa membantu pemerintah desa dalam menentukan pembangunan yang harus dilakukan di tahun berikutnya. Pendataan berupa kondisi kependudukan, kondisi wilayah, sarana prasarana, dan lain sebagainya.
“Pendataan berbasis SDGs ini wajib bagi semua desa karena bisa menentukan IDM tahun 2022 nantinya. Pendataan dari kondisi kependudukan, kondisi wilayah, dan sarana prasarana serta lainnya. Dengan begini kisa bisa menentukan apa yang perlu dilakukan kedepannya,” jelasnya.

Berbeda dengan desa lain, lanjut Lisaholet, Desa Batu Merah memerlukan tenaga relawan pendata yang lebih banyak. Hal ini karena luas wilayah Desa Batu Merah dan banyaknya penduduk yang lebih banyak dari desa lainnya. Untuk itu kelompok pendataan akan berjumlah 20 hingga 30 orang.

“Untuk tim relawan kami tambah jadi 20 sampai 30 orang, lebih banyak dari desa lainnya. Karena desa ini lebih besar dan jumlah penduduknya juga banyak. Kami sedikit kesulitan dengan target waktu yang diberikan. Tapi kami akan beusaha lebih maksimal agar habis sasuai target yaitu 31 mei,” tukasnya. (BKA-1)

Comment