by

Batu Merah Terima Anggaran Tahunan

Ambon, BKA- Desa Batu Merah, Kecamatan Sirimau menerima anggaran per tahun dalam tiga tahap karena masih tergolong desa berkembang.

Hal ini diakui oleh sekertaris desa Batu Merah, M Arlis Lisaholet. Ia mengakui bahwa ada tiga tahapan anggaran yang diterima sampai mencapai 100 persen. Dalam menggunakan anggaran tersebut pemdes Batu Merah mengakui ada pantauan dari tiga dinas terkait. Anggaran juga harus digunakan dengan baik dan mendahulukan program penting.

“Biasanya anggaran untuk desa itu ditransfer dari pusat ke kas daerah kemudian diteruskan kepada pemerintah desa negeri yang ada. Batu Merah sendiri menerima anggaran dalam tiga tahap karena masih tergolong desa berkembang, kalau desa mandiri hanya dalam dua tahap. Yang kami terima itu 40 persen, 40 persen dan terakhir 20 persen supaya menjadi 100 persen anggaran per tahun. Tinggal dalam pemanfaatan itu kita kelolah apakah ingin pemerintahan duluan atau fisik atau pemberdayaan, intinya yang merupakan kepentingan bersama,” pungkas M Arlis Lisaholet sekertaris desa Batu Merah.

Lisaholet juga menambahkan perlu tanggung jawab dalam mengelolah anggaran yang ada agar bisa berjalan sesuai dengan rencana. “Semua kembali kepada tanggung jawab pemdes dalam mengelolah semua itu. Agar bagaimana bisa waspadai diri agar tidak terjadi tindak korupsi. Kami pemdes pada prinsipnya melihat kebutuhan masyarakat dalam menggunakan anggaran yang ada,” tutupnya. (MG-1)

Comment