by

Batu Merah Upaya Jadi Desa Mandiri

Pemerintah Desa (Pemdes) Batu Merah, Kecamatan Sirimau sementara berupaya menjadi desa mandiri, dengan mendorong ekonomi warga.

Upaya yang utama dilakukan, yaitu pemberian bantuan bagi kelompok usaha yang ada. Salah satunya kelompok nelayan Batu Merah.

Penjabat Desa Batu Merah, Idrus Buamona mengaku, tahun ini bantuan tersebut telah diajukan agar kelompok nelayan yang ada bisa mendapatkan bantuan.

“Kami sedang mendorong agar desa ini bisa menjadi desa mandiri. Ekonomi warga juga kami tunjang dengan sebisa mungkin. Seperti kemarin ada pengajuan nelayan untuk dapat bantuan. Sudah kami masukan diprogram, tinggal disetujui,” pungkas Buamona, kepada koran ini, Jumat (28/5).

Selain itu, Buamona juga berencana mendirikan Kebun Negeri. Yang bertujuan mengdorong ekonomi warga lewat pertanian. Namun ini masih dalam perencanaan.

“Saya sendiri berencana bangun Kebun Negeri dengan memanfaatkan tumbuhan yang cocok ditanam. Namun masih direncanakan. Kami sedang persiapkan segala sesuatu seperti tanah dan lain sebagainya. Ini juga bisa mendorong ekonomi warga,” tambahnya.

Pihaknya juga setuju, bahwa Alokasi Dana Desa (ADD) tidak saja digunakan untuk pembangunan, tetapi lebih menggali potensi desa untuk dikembangkan dan menghasilkan.

“Saya setuju, bahwa ADD itu bukan hanya untuk pembangunan. Tapi juga bisa untuk berdayakan warga agar bisa menjadi desa yang mandiri lewat potensi yang ada. Kalau potensi laut memang susah, jadi kami upayakan di bidang lain seperti pertanian dan pariwisata gunung. Kami sedang rencanakan,” tutupnya. (BKA-1)

Comment