by

Batumerah Data Penduduk Miskin

Ambon, BKA- Dalam upaya pengentasan kemiskinan, Pemerintah Desa (Pemdes) Batumerah, kecamatan Sirimau melakukan pendataan warga miskin. Hal ini bertujuan untuk mengetahui berapa besar jumlah penduduk miskin yang ada pada desa tersebut.

Sejumlah persyaratan, berlaku selama pendataan. Mulai dari jumlah pendapatan hingga batas usia rentan kerja.
“Syaratnya sudah ada. Yaitu warga yang mempunyai penghasilan kecil berdasarkan upah minimum. Itu dari usai 18 hingga 59 tahun. Dan diprioritaskan bagi penduduk miskin,” ungkap Penjabat Desa Batumerah, Idrus Buamona, saat dihubungi koran ini, Minggu (7/3).

Dipaparkan, sesuai data terakhir yang diterima Pemdes Batumerah, ada sekitar 2.902 penduduk miskin. Data ini diperoleh dari sejumlah RT setempat. Dan hingga kemarin, proses pendataan masih terus dilakukan.

“Kami sudah menerima data dari beberapa RT. Dan ada 2.902 pekerja rentan yang ada. Pendataan masih terus dilakukan. Jadi ini bukan data akhir,” imbuhnya.

Selain penghasil, proses pendataan warga miskin ini, juga dilakukan berdasarkan pekerjaan penduduk. “Dia punya kategori pekerjaan itu petani, nelayan, papalele, tukang becak, buruh cuci, pedagang kaki lima, penjual makanan, dan pekerjaan lain yang rentan,” beber Buamona.

Data ini nantinya, tambahnya, akan diserahkan kepada Pemerintah Kota Ambon. Dan Pemdes Batumerah sejauh ini sudah melakukan upaya pengentasan kemiskinan. Salah satunya dengan berdayakan masyarakat ekonomi kecil. (BKA-1)

Comment