by

Batumerah Lakukan Pemberdayaan Ekonomi Warga

Ambon, BKA- Pemerintah Desa Batumerah, kecamatan Sirimau sementara mengucurkan anggaran untuk sejumlah program pemberdayaan dalam mendukung ekonomi warga setempat, khususnya warga tidak mampu.

Penjabat Desa Batumerah, Idrus Buamona mengaku, salah satu program prioritas desanya yaitu pemberdayaan. Sehingga pihaknya sementara menyusun penganggaran terhadap sejumlah program pemberdayaan yang dapat membantu memajukan ekonomi warganya.

Yakni seperti pemberian bantuan bagi sejumlah kelompok pengrajin kerang yang berskala kecil, yang telah dilakukan.
“Dalam rangka membantu warga ekonomi rendah, kami lakukan pemberdayaan lewat bantuan bagi usaha kecil yang dijalankan. Misalnya kemarin Pemdes Batumerah baru saja memberikan bantuan bagi pengrajin kerang yang ada didesa ini. Sebanyak 20 kelompok yang menjadi penerima bantuan tersebut,” ungkap Buamona, kepada koran ini, Jumat (5/3).

Selain pemberian bantuan bagi pengrajin, lanjut dia, Pemdes Batumerah juga memberikan bantuan bagi para nelayan yang ada. Bantuan diberikan berupa alat yang diperlukan untuk mencari ikan, seperti bodi dan alat pancing.

“Kami juga berikan bantuan bagi beberapa nelayan yang ada. Bantuan tidak berupa uang melainkan alat yang dibutuhkan nelayan dalam mencari ikan. Misalnya bodi dan lain-lain,” terang dia.

Kedepannya, tambah Buamona, akan dilakukan pendataan bagi warga pekerja rentan. Hal tersebut merupakan langkah awal pihaknya dalam pengentasan kemiskinan. Sehingga diharapkan, dengan berbagai upaya yang dilakukan dapat membantu warga menuju ekonomi yang lebih baik.

“Jadi langkah awal kami lakukan pendataan. Kami upayakan terus mendorong ekonomi warga lewat program pemberdayaan yang ada. Harapan saya, warga bisa memanfaatkan semua ini dengan sebaik mungkin,” pintanya. (BKA-1)

Comment