by

Bawa Tembakau Sintetis, Tiga Warga Sirimau Diadili

Ryan Baadila alias Iyan (18), Rusman Junaidy Putun alias Iman (19) dan Aditya R. U Latua alias Adit (20), ketiga warga yang bermukim di Kecamatan Sirimau, Kota Ambon ini harus diadili majelis hakim Pengadilan Negeri Ambon, Selasa (18/5).

Sidang perdana ini dipimpin ketua majelis hakim, Orpa Martina cs,sedangkan terdakwa didampingi kuasa hukumnya Dominggus Huliselan dan Peny Tupan.

Jaksa penuntut umum, S. E Penturi dalam berkas dakwaannya menyebutkan, tindak pidana yang dilakukan ketiga terdakwa terjadi pada Jumat 15 Januari 2021 sekitar pukul 9.00 WIT, tepatnya di depan kantor jasa pengiriman J&T Gadihu, Kelurahan Batu Merah, Kecamatan Sirimau Kota Ambon.

Awalnya, saksi Paldo Manuputty dari Ditresnarkoba Polda Maluku mendapat informasi dari informasi bahwa akan ada pengambilan paket kiriman yang berisi narkotika jenis tembakau sintetis pada kantor jasa pengiriman J&T Gadihu.
Setelah mendapat informasi tersebut, saksi dan rekan-rekannya langsung menuju TKP.
Sampai di sana, mereka melakukan koordinasi dengan petugas J &T tentang paket kiriman yang diduga berisi narkotika jenis tembakau sintetis tersebut.

Tidak lama kemudian, petugas melihat para terdakwa datang mengambil paket tembakau hingga akhirnya mereka ditangkap.
Berdasarkan berita pengujian laboratorium barang bukti tersebut diterima dalam amplop coklat beras lengkap, satu sachet plastik berisikan daun kering dengan berat 5,9 gram 1 sachet plastik berisikan daun kering dengan berat 8,3 gram.

“Perbuatan terdakwa sebagaimana diatur dan diancam pasal 114 ayat 1 dan pasal 127 ayat 1 undang-undang Nomor 35 Tahun 2009 tentang narkotika,” jelas JPU dalam berkas dakwannya.

Setelah mendengarkan dakwaan jaksa, hakim menunda sidang hingga pekan depan dengan agenda pemeriksaan saksi-saksi.(SAD)

Comment