by

BDR Masih Tetap Jadi Solusi

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri 85 Ambon, Jhon Talacua, mengatakan, Belajar Dari Rumah (BDR) masih menjadi solusi yang tepat bagi sekolah, dalam menjalankan proses belajar mengajar di masa pandemi Covid-19.

“Artinya, kalau sampai hari ini, pemerintah belum ijinkan kita buka sekolah, berarti BDR masih tetap dijalankan. Berbeda kalau sudah buka sekolah, tapi kita masih BDR. Memang sudah ada ijin dari Pemerintah Pusat (Pempus) untuk buka sekolah awal tahun 2021, tapi itu dikembalikan lagi ke Pemda untuk putuskan sesuai kondisi. Jadi, meskipun anak-anak sudah jenuh, BDR tetap dijalankan. Karena memang hanya itu yang bisa dilakukan, agar anak-anak tidak ketinggalan dalam belajar,” tandas Talacua, Jumat (4/12).

Untuk itu, dirinya berharap, agar peran orangtua dalam memberi pendampingan kepada anak terus dilakukan, guna membantu sekolah menjalankan BDR tersebut. Sambil menunggu intruksi Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon terkait rencana belajar tatap muka di Januari 2021 mendatang.

“Sebab kalau BDR ini semuanya diharapkan kepada guru, maka sulit. Karena orangtua yang setiap saat bersama-sama dengan anak. Jadi sangat diharapkan, bahwa meskipun saat ini anak-anak sudah jenuh, kita tetap memberikan semangat kepada mereka untuk belajar. Supaya dilain sisi kita memutus mata rantai penyebaran virus, tapi juga anak-anak tetap mengikuti proses belajar,” harap Talacua.

Orangtua juga diharapkan, tetap mengingatkan anak-anak untuk patuh terhadap protokol kesehatan, yakni, menjaga jarak, memakai masker, dan mencuci tangan (3M), guna membantu pemerintah memutus penyebaran Covid-19 di Maluku, khusus Kota Ambon.

“Karena kalau kita hanya berharap belajar tatap muka, tapi tidak patuhi protoko kesehatan, juga sulit. Sehingga diharapkan, agar kita terus mengingatkan anak-anak kita untuk tetap lakukan 3M itu. Kita berdoa, dengan kerjasama memutuskan mata rantai penyebaran virus ini, secepatnya kita belajar tatap muka, seperti yang diinginkan oleh kita sekarang ini,” tandasnya. (LAM)

Comment