by

Beasiswa Kuliah Turut Pengaruhi Hasil Rekrutmen Maba

Ambon, BKA- Selain akreditasi dan prestasi kampus, beasiswa kuliah juga menjadi ukuran yang turut berpengaruh terhadap hasil rekrutmen Mahasiswa Baru (Baru).

Bahwa dengan jumlah Perguruan Tinggi (PT) yang banyak, tentu menyebabkan terjadinya persaingan yang ketat dalam mendapatkan calon mahasiswa. Sehingga berbagai potensi dan keunggulan yang dimiliki oleh PT, pasti akan dikerahkan semaksimal mungkin untuk menghadapi persaingan tersebut.

“Artinya, kampus harus memiliki branding yang baik untuk tetap eksis menghadapi persaingan. Apalagi ditengah pandemi saat ini. Tentu semua kampus akan gencar melakukan promosi untuk menarik minat calon Maba tahun ini. Salah satunya adalah Institut Agama Kristen Negeri (IAKN) Ambon. Selain kita promosikan apa yang menjadi keunggulan kampus, kita juga tidak lupa untuk menarik minat calon Maba dengan beasiswa kuliah. Sebab selain profil kampus, beasiswa juga turut berpengaruh pada hasil rekrutmen calon Maba. Dan itu juga yang menjadi fokus kita dalam sosialisasi, yang sekarang sudah mulai berjalan,”kata Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan IAKN Ambon, Dr. Agus Gaspersz, Jumat (26/2).

Menurutnya, memang beasiswa kuliah tidak asing lagi dalam setiap sosialiasi penerimaan Maba. Namun kampus tersebut tetap fokus mensosialisasikan jenis-jenis beasiswa yang dimiliki. Karena itu sangat bermanfaat dalam rangka memudahkan mahasiswa dari segi finansial, apalagi ditengah pandemi sekarang ini.

“Semua kampus pasti menggunakan cara ini dalam melakukan sosialisasi. Karena cara ini sangat memberikan dampak postif bagi kampus dan juga sangat bermanfaat bagi para para calon Maba. Sebab mereka juga butuh jaminan kemudahan secara finansial saat memilih kampus, untuk melanjutkan studi. Sehingga kita tidak bisa sepelekan itu. Dan saya kira, IAKN juga punya branding yang tidak kalah saing dengan kampus lain, khusus dari segi kualitas. Namun tetap saja beasiswa kuliah menjadi penting bagi calon Maba, sebagai salah satu ukuran memilih kampus. Karena itulah kita akan terus fokuskan dalam setiap sosialisasi rekrutmen Maba khusus di tahun ini. Diantaranya, Bidikmisi, PPA, Beasiswa prestasi serta Beasiswa dari BUMN ,”pungkas Gaspersz. (LAM)

Comment