by

Bela Istri Gubernur, Ketua KNPI Maluku Dikecam

Dianggap tidak netral menjadi agen of control masyarakat karena membela Istri Gubernur Maluku, Widya Murad Ismail, Ketua KNPI Provinsi Maluku, Saiful Caniago dikecam.

Diketahui, pembelaan yang dilakukan KNPI setelah viralnya video Widya Murad Ismail yang berjoget tanpa indahkan protokol kesehatan, pada acara pelantikan Bupati Buru Selatan, Safitri Malik Soulissa, di Caffe Warung Katong, Waihaong, Kecamatan Nusaniwe baru-baru ini.

Dalam video tersebut, KNPI menduga ada indikasi politik yang dilakukan oknum untuk menyebar video tersebut. Sebab, video tersebut diambil tanggal 22 Juni 2021 sebelum diterapkan PPKM Mikro di Kota Ambon. Sehingga tidak perlu kaitkan video tersebut dengan protokol kesehatan lewat PPKM mikro yang sementara berjalan.

Menanggapi hal itu, salah satu Aktivis Pemuda Maluku, Mario Kakisina menilai, tindakan yang dilakukan Ketua KNPI Maluku sangat tidak patut dicontohi. Karena tidak ada unsur edukasi yang baik.

“Sebagai wadah pemuda harus lah memberikan edukasi kepada masyarakat secara umum, dan pemuda secara khusus terhadap ketaatan prokes selama pendemi berlangsung. Serta harus memberikan contoh atau teladan kepada masyarakat. Bukan sebaliknya membela istri orang nonor satu Maluku yang memberikan edukasi negatif terhadap masyarakat, publik,” tandas Mario, kepada awak media, Senin (13/7).

Mario berharap, Ketua umum DPP KNPI, Haris Pratama di Jakarta segera menggantikan Saiful Chaniago sebagai Ketua Carateker KNPI Maluku, karena membawa nama KNPI untuk kepentingan tertentu.

Hal senada disampaikan Aktivis Pemuda Maluku lainnya, Said Mokse Almadahly. Menurut dia, sejatinya KNPI adalah mitra kritis pemerintah, selaku generasi pemuda yang kritis dan bijaksana terhadap semua persoalan yang terjadi di Maluku.

“Jangan karena ada kepentingan kelompok, lalu membela dan menggadaikan idialisme sebagai pemuda. Karena sejatinya, pemuda sebagai lokomotif perubahan harus objektif, arif, melihat persoalan public. Agar tidak terkesan buruk terhadapa masyarakat Maluku,” terangnya.

Dijelaskan, KNPI adalah berkumpul dan berhimpun berbagai organisasi kepemudaan, sehingga KNPI seharusnya berdiri di atas kepentingan pemuda dan masyarakat. Serta harus jenius dalam melihat situasi daerah yang dilanda pendemi Covid-19.

“Di tengah pandemi covid 19, sejatinya KNPI harus menjadi mitra kritis untuk membantu pemerintah dalam penanganan covid 19 di Maluku. Bukan membela setiap orang yang melanggar protokol kesehatan. Saya sebagai pemuda Maluku sangat kesal dan kecewa atas sikap Ketua Carateker KNPI Maluku Saiful Chaniago. Terhadap tindakan yang diambil dan mengatasnamakan pemuda KNPI, yang kemudian ingin melaporkan orang yang menyebar luaskan video yang sudah tentunya menjadi kesalahan dalam melanggar protokol kesehatan,” tegasnya.

Said juga berharap, Carateker KNPI Maluku beserta jajarannya, tidak hilang roh perjuangan pemuda. “KNPI harus menjadi agen off control pemerintah, dalam setiap tindakan yang dilakukan oleh setiap orang yang melanggar protokol kesehatan,” pungkasnya. (RHM)

Comment