by

Belajar Tatap Muka Tunggu Ijin Walikota

Ambon, BKA- Pemerintah pusat memang telah memperbolehkan pelaksanaan kegiatan belajar mengajar dapat dilaksanakan di sekolah per Januari 2021 mendatang, sesuai keputusan bersama empat menteri, yakni, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Menteri Agama, Menteri Kesehatan, dan Menteri Dalam Negeri.

Namun kebijakan empat tersebut belum tentu dapat diterapkan pada semua daerah. Melainkan memerlukan ijin pemerintah daerah setempat. Misalnya di Kota Ambon.


Plt Sekretaris Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon, Merry Mairuhu, mengungkapkan, untuk Kota Ambon, proses belajar mengajar secara tatap muka di sekolah, masih menunggu ijin Walikota Ambon, Richard Louhenapessy.

“Sehingga nanti kita sesuaikan. Sebab menteri memberikan kewenangan khusus kepada pemda. Jadi kalau memang kondisi kita sudah semakin membaik, pasti itu belajar tatap muka. Tapi keputusan itu tergantung pak walikota. Kalau pak walikota mengijinkan, baru terjadi. Tapi kalau tidak, maka tidak bisa,” terang Mairuhu, Minggu (22/11).

Kota Ambon saat ini masih dalam zona orange. Sehingga Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, khususnya Disdik Kota Ambon, terus melakukan penyesuaian sesuai kondisi.

Selain memerlukan ijin walikota untuk pelaksanaan kegiatan belajar tatap muka di sekolah, lanjutnya, yang tak kalah penting yakni adanya ijin dari orangtua siswa.

Untuk itu, apabila walikota telah mengeluarkan ijin bagi sekolah untuk kembali menggelar proses belajar mengajar secara tatap muka, maka Disdik Kota Ambon akan mengintruksikan bagi semua sekolah untuk berkoordinasi dengan orangtua siswa.

“Pasti ada perintah pak wali untuk pelaksanaan proses belajar selanjutnga. Kalau kembali di sekolah, maka selanjutnya minta persetujuan orangtua. Dan itu akan kita lakukan lewat sekolah. Intinya, terkait perkembangan situasi dan kondisi Covid, pak wali pasti pikirkan berbagai pertimbangan sebelum mengambil keputusan,” tandas Mairuhu. (LAM)

Comment