by

Belanda Bikin Sejarah, Georginio Wijnaldum Lewati Gol Marco Van Basten

Belanda kini mencetak dua gol atau lebih di setiap sepuluh pertandingan terakhir, memecahkan rekor pada 1935.

Ada sejumlah rekor yang ditorehkan, baik untuk tim maupun pemain, ketika Belanda menutup Grup C Euro 2020 dengan catatan sempurna setelah membantai Macedonia Utara 3-0 di Johan Cruijff ArenA, Senin (21/6).

Setelah menundukkan Ukraina 3-2 dan menaklukkan Austria 2-0, produktivitas gol Belanda berlanjut dengan mengatasi Macedonia tiga gol tanpa balas. Pasukan Frank de Boer itu mengumpulkan sembilan poin sempurna sehingga berhak memuncaki Grup C.

Memphis Depay membuka skor untuk Belanda pada menit ke-24, dan Georginio Wijnaldum membawa tim unggul lagi dengan dua golnya di babak kedua, yang kesemuanya berkat assist dari rekannya itu.
Rekor yang dipecahkan Belanda
Kemenangan lawan Macedonia Utara adalah pertandingan kesepuluh secara beruntun di mana Belanda mencetak sedikitnya dua gol.

Itu adalah catatan terpanjang yang dibikin Belanda dalam sejarah, memecahkan rekor sembilan pertandingan sebelumnya pada 1935.
Catatan spesial Wijnaldum
Dua gol membawa catatan gol Wijnaldum menjadi 25 untuk tim nasional dari hanya 78 pertandingan.
Wijnaldum melewati catatan gol Marco van Basten, yang mencetak 24 gol dari 58 pertandingan, dalam daftar topskor untuk Belanda.

Rekrutan baru Paris Saint-Germain itu kini sejajar dengan Rafael van der Vaart, yang mengakhiri kariernya dengan 25 gol dari 109 caps.
Depay adalah pemain kedua Belanda yang mencetak gol dan membuat assist di satu pertandingan di Piala Dunia dan Kejuaraan Eropa.

Satu pemain lainnya yang pernah melakukan hal yang sama adalah Wesley Sneijder. (INT)

Comment