by

Belasan Hotel Terima Bantuan Dana Hibah

Ambon, BKA- Sebanyak 19 Hotel dan 8 restoran yang beroperasi di Kota Ambon, diberikan bantuan dana hibah dari Kementerian Parawisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI, melalui Pemerintah Kota Ambon, (29/12).

Pantauan koran ini, penyerahan bantuan dana hibah itu diserahkan langsung oleh Walikota Ambon, Richard Louhenapessy secara simbolis. Dan disaksikan langsung Koordinator Kemitraan Pelaku Parawisata, Kemenparekraf RI, Puri Prasetya Ningsi, di Swiss Belhotel, Ambon.

Menurut Richard, bantuan tersebut bertujuan untuk membantu sektor usaha pariwisata hotel maupun restoran yang turut terkena dampak dari pandemi Covid-19.
“Bantuan ini akan ditransfer langsung ke rekening masing-masing penerima bantuan,” imbuh Richard, kepada wartawan..

Sementara dalam sambutannya, Richard mencotohkan, dampak pandemi Covid-19 juga berdampak bagi sektor usaha. Dampak dimaksud seperti, wisatawan dibatasi. Bahkan ada wisatawan yang juga takut melakukan perjalanan, yang kemudian dirapid test antigen.

“Dalam kaitan dampak itu, maka pemerintah tetap berusaha semaksimal mungkin untuk bisa batasi dampak yang ada. Antara lain dengan sejumlah intervensi kegiatan-kegiatan. Untuk sektor parawisata ada kebijakan yang dibuat oleh pemerintah, antara lain dalam bentuk memberikan bantuan keuangan dan memberikan dukungan viskal dengan keringanan usaha,” sebutnya.

Bukan itu saja, Politisi Senior Golkar ini mengaku, kebijakan sektor pariwisata Pemerintah Kota juga dilakukan dengan injeksi-injeksi livisitas dan bantuan plus money kepada pelaku usaha di Kota Ambon.

“Mendapatkan bantuan yang tidak besar, tapi Kota Ambon berada pada bagian yang masuk pada 101 kabupaten kota. Karena Ambon telah memiliki destinasi wisata yang telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai Kota Musik Dunia. Kalau tidak ada, saya yakin kita tidak dapat. Oleh karena itu, ini menjadi tantangan bagi kita untuk kembangkan parawisata kedepan,” tutupnya. (BKA-1)

Comment