by

Benteng Data Lansia Untuk Divaksin

Ambon, BKA- Kelurahan Benteng, kecamatan Nusaniwe sementara melakukan pengumpulan data warga lanjut usia (lansia) untuk nantinya diikutkan dalam program vaksinasi Covid-19.

Proses pendataan dilakukan sejak dikeluarkan surat edaran dari kementerian, bahwa lansia juga akan mengikuti vaksinasi Covid-19. Pengambilan data dilakukan pada seluruh RT yang ada, oleh masing-masing ketua RT setempat. Setelah itu semua data akan dikumpulkan ke pihak kelurahan untuk bisa ditindaklanjuti.

“Saya sudah kordinasikan dengan RT untuk didata semua lansia yang ada. Supaya kita tahu berapa banyak lansia yang ada di kelurahan ini. Tidak semua yang didata itu akan divaksin. Kami hanya mengumpulkan data lansia. Keputusan untuk ikut divaksin ada pada setiap orang,” tandas Lurah Benteng, David Finanlampir, kepada koran ini, Jumat (5/3).

Mengenai lokasi vaksin masih dibicarakan, jelasnya, akan ada koordinasi antara kelurahan dengan pihak puskesmas, terkait titik lokasi vaksinasi. Dan lokasi sementara yang diputuskan yaitu kantor kelurahan.

Hal ini diputuskan dengan mempertimbangkan beberapa faktor yang ada. Sementara untuk vaksinasi telah dijadwakan dari tanggal 8 sampai 10 Maret 2021.

“Mengenai titik lokasi kami masih bicarakan. Karena kami memikirkan lansia yang tinggalnya di gunung sana. Keputusan sementara itu nanti di kantor kelurahan. Kami pertimbangkan kantor kelurahan dekat denga RSUD, jadi jika terjadi hal yang tidak diinginkan bisa langsung ditangani RSUD,” jelasnya

Ia menambahkan, pihak kelurahan tidak memaksa masyarakat untuk harus divaksin. Namun untuk meyakinkan warganya, kelurahan terus melakukan sosialisasi vaksin pada lingkungan masyarakat.
“Kami tidak tau nanti berapa yang bersedia divaksin. Kami juga tidak memaksa. Untuk meyakinkan warga, kami terus melakukan sosialisasi kepada warga tentang apa itu vaksin Covid-19,” tutupnya. (BKA-1)

Comment