by

Benyamin-Ari Sementara Unggul di MBD

Di Aru, Saling Klaim Kemenangan

Ambon, BKA- Pasangan Benyamin Thomas Noach-Agustinus Lekwardai Kilikily untuk sementara ini unggul pada Pilkada Kabupaten Maluku Barat Daya (MBD), Rabu (9/12).

Berdasarkan data sementara yang berhasil dihimpun BeritaKota Ambon, pasangan petahana ini unggul dibanding dua Paslon Nikolas Johan Kilikily-Desianus Orno dan John Leunupun-Dolfina Markus.

Dari 53.472 suara yang ditetapkan KPU sebagai DPT di kabupaten itu, yang tersebar pada 119 TPS yang berada di 117 Desa dan 1 kelurahan tersebut, baru 26.069 suara yang terhitung. Sedangkan 27.403 yang belum terhitung.

Tapi untuk sementara, Paslon Benyamin-Ari unggul dengan 16.686 suara. Disusul oleh Paslon Nikolas Johan Kilikily-Desianus Orno dengan 6.562 suara, serta Paslon John Leunupun-Dolfina Markus yang meraih 2.821 suara.

Namun raihan tersebut masih bersifat sementara, sedangkan perhitungan masih terus dilakukan.

Berbeda, di Kabupaten Kepulauan Aru, dua pasangan calon (Paslon) bupati dan wakil bupati saling mengklaim kemenangan. Yakni antara pendukungan Johan Gonga-Muin Sogalrey (JOIN) dan pendukung Timotius Kaidel-Lagani Karnaka (KAKA).

Pantauan BeritaKota Ambon di ibukota Kabupaten Kepulauan Aru, Kota Dobo, pendukung dan simpatisan kedua Paslon melakukan aksi turun jalan atau konvoi menggunakan kendaraan bermotor.

Akibatnya, sejumlah ruas jalan di Kota Dobo macet total. Namun hal tersebut berjalan aman, dibawah pengawalan aparat keamanan gabungan TNI dan Polri.

Memang proses pemilihan di kabupaten itu berjalan aman dan lancar, tanpa ada gangguan Kamtibmas. Sebanyak 64.884 pemilih yang terdaftar pada Daftar Pemilih Tetap (DPT) Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kepulauan Aru, telah memberikan hak pilihnya, Rabu (9/12).

Sekretaris KPU Kepulauan Aru, Agus Ruhulessin, kepada BeritaKota Ambon, mengungkapkan, KPU tetap berpatokan pada sistim dan mekanisme kerja. Sehingga belum bisa mengumumkan pemenang Pilkada.

“Kami belum bisa mengklaim kemenangan Paslon siapapun. Karena mekanismenya ada,” singkatnya.

Terpisah, Kapolres Kepulauan Aru, AKBP Eko Budiarto, saat mendapingi Dir Binmas Kombes Pol. Andy Ervin, dan Kabid Kum Kombes Pol. Michael Ken Lingga dari Polda Maluku, saat menyambangi TPS-TPS di Kecamatan Pulau-Pulau Aru, mengatakan, sesuai hasil pantaun kondisi Kamtibmas pada 99 TPS berjalan lancar, tanpa ada gejolak yang mengganggu Kamtibmas.

“Alhamdulillah, sesuai hasil pantauan kami, suasana pencoblosan pada setiap TPS berjalan lancar. Masyarakat yang mempunyai hak pilih pun memberikan pilihannya dengan baik,” terang Kapolres.

Olehnya itu, orang nomor satu di Polres Kepulauan Aru itu pun mengingatkan simpatisan dan pendukung kedua Paslon, agar tetap tenang dan menjaga kamtibmas di Kabupaten Kepulauan Aru, sambil menunggu rilish akhir dari KPU. Siapa pun pemimpin (bupati dan wakil bupati) yang terpilih, itulah pilihan rakyat.

“Kami harap, simpatisan kedua Paslon agar tenang. Dan sama-sama menjaga Kamtibmas di daerah ini, siapa yang terpilih nanti, itulah pilihan rakyat,” imbaunya

Diketahui, dari 251 TPS yang tersebar pada 10 kecamatan, 119 desa di Kabupaten Kepulauan Aru, yang baru masuk di KPU hanya TPS dari Kecamatan Pulau-Pulau Aru yakni kelurahan Galaydubu sebanyak 26 TPS dan Kelurahan Siwalima 4 TPS. (WAL/BKA-3)

Comment