by

Berharap 2021 Belajar Tatap Muka 50 Persen

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri 15 Ambon, Marcus Mailoa, berharap, di awal tahun 2021, Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon mengijinkan proses belajar tatap muka 50 persen. Sebab siswa didik sudah jenuh mengikuti proses Belajar Dari Rumah (BDR).

“Kita harapkan belajar tatap muka 50 persen di tahun depan. Dengan catatan, sekolah perhatikan protokol kesehatan. Karena kalau kita tunggu sampai zona hijau, agak sulit. Sedangkan anak-anak sudah paling tidak betah belajar di rumah. Sehingga diharapkan, pemkot melihat persoalan ini dengan melakukan belajar tatap muka 50 persen,” kata Mailoa, Senin (7/12).

Sesuai informasi dari Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Ambon, kata Mailoa, belajar tatap 50 persen akan dilakukan jika Kota Ambon sudah masuk zona hijau. Sementara hingga sampai saat ini, Kota Ambon masih berstatus zona orange.

“Kita kan tidak mungkin tunggu sampai zona hijau. Kalau anak-anak semakin tidak betah BDR. Dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) mengijinkan belajar tatap muka tahun 2021, sebenarnya pemkot pun harus ambil kebijakan terkait hal itu. Janganlah kita berpatokan pada status zona, hingga membiarkan anak-anak kesulitan dalam belajar,” pintanya.

Dirinya memastikan, akan menyiapkan semua fasilitas kesehatan di lingkungan sekolah yang dipimpinnya, untuk mencegah penyebaran Covid-19 dikalangan siswa dan guru maupun orangtua.

“Dengan kesiapan peralatan prokes di sekolah, saya yakin proses belajar tatap muka akan tetap berjalan tanpa penyebaran virus bagi siswa guru dan orangtua. Untuk sekarang ini, yang kita butuhkan itu ijin pemkot soal rencana belajar tatap muka di Januari 2021 nanti,” pungkas Mailoa.(LAM)

Comment