by

Berharap Ambon Kembali Normal

Ambon, BKA- Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP), Kota Ambon Rustam Simanjuntak, berharap Ambon secepatnya kembali normal dan terbebas dari ancaman Covid-19. Agar seluruh program yang bertabrakan dengan protokol kesehatan dapat dijalankan di tahun ini.

Diakuinya, di tahun 2020 kemarin, anggaran pada Dinas PRKP turut direfocusing untuk penanganan Covid-19. Akibatnya, hal tersebut membuat sejumlah program pada dinasnya harus ditangguhkan.

“Kita berdoa agar Ambon kembali normal seperti sediakala. Arahan dari pimpinan itukan harus segera melakukan perencanaan. Sehingga tidak refokusing lagi,” harapnya, saat ditemui koran ini di ruang kerjanya, Jumat (22/1).

Menurutnya, jika di tahun ini ada anggaran yang harus direfokusing untuk penanganan Covid-19, maka sebagian program yang sudah direncanakan pasti akan dibatalkan lagi. Sehingga diharapkan, masyarakat patuh terhadap 4M dalam penerapan protokol kesehatan saat berada di luar rumah.

“Mudah-mudahan kondisi ini, makin hari makin lebih baik. Yang penting tingkat kesadaran masyarakat tentang protokol kesehatan, yaitu 4M, memakai masker, menghindari kerumunan, menjaga jarak, dan mencuci tangan selalu meningkat, ” terangnya.

Dikatakan, jika masyarakat Kota Ambon dapat menerapkan pola hidup dengan menerapkan 4M, kemungkinan tingkat penularan Covid-19 dapat ditekan. Dengan begitu masyarakat bisa bebas dari ancaman Covid-19.

“4M itu, sala satu obat yang lebih ampuh selain dari Vaksin Covid-19 yang sementara berjalan,” sebutnya.
Disinggung soal jumlah anggaran yang dimiliki PRKP, Simanjuntak menambahkan, ada sebanyak Rp 5 miliar lebih lebih dari total keseluruhan OPD lingkup Pemerintah Kota Ambon.

“Artinya ini bukan dari Dinas PRKP, tetapi dari seluruh OPD. Jadi itu digunakan, misalnya tahun lalu itukan ada Posko-Poksko PSSB disetiap pintu masuk Kota ini dan lain-lain,” tandasnya. (IAN)

Comment