by

Berharap BSU Dirasakan Semua Guru Honorer

Ambon, BKA- Kepala SD Negeri 61 Ambon, J. Haumahu, berharap, program Subsidi Upah (BSU) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dapat dirasakan oleh semua guru dan tenaga kependidikan non-PNS. Termasuk guru honorer.


“Karena tujuan dari BSU ini kan untuk membantu semua tenaga pendidik non-PNS yang upahnya di bawah 5 jutaan, jadi kalau ada guru honorer atau tata usaha honor yang tidak menerima BSU, maka tentu belum mencapai apa yang diharapkan dari adanya BSU ini. Karena itu, diharapkan agar BSU disalurkan tepat sasaran,” ujar Haumahu, Senin (23/11).

Hal ini sangat diharapkan Hamahu. Sebab pemerintah pusat dalam menentukan penerima BSU berdasarkan Dapodik sekolah, sehingga sesuai hasil verifikasi Kemendikbud RI, terdapat sekitar 1,6 juta guru yang akan menerima BSU.

“Itu juga baik menurut saya, karena tidak mungkin pemerintah berikan bantuan kepada guru yang tidak terdaftar pada Dapodik sekolah. Apalagi ini bantuan secara Nasional. Di SD Negeri 61 Ambon, ada 3 orang yang secara data harus menerima BSU ini. Karena itu, saya sudah arahkan untuk siapkan berkas, agar ketika nama terdaftar, langsung proses untuk pencairan. Karena itu, saya berharap, penyaluran BSU ini bisa tersalurkan tepat pada orang yang benar-benar butuhkan bantuan,” harap Haumahu.

Menurutnya, jika BSU disalurkan secara baik sesuai data yang ada, tentu sangat membantu para tenaga pendidik, dalam hal ini guru honorer ditengah pandemi Covid-19 ini yang memang mempengaruhi semua lini kehidupan, sehingga tingkat perekonomian keluarga pun turun drastis.

“Memang kita semua merasakan dampak dari Covid-19 ini, tapi ada yang lebih merasakan dampaknya. Salah satunya, para guru dan pegawai honorer. Pasca Covid-19 lebih banyak gunakan dana BOS untuk kepentingan belajar dan penanganan Covid-19. Memang mereka juga digaji, tapi tidak bisa lebih, karena terbatas anggaran. Namun mereka tanpa jenuh, tetap semangat melakukan pembelajaran, baik Daring maupun Luring. Dengan demikian, sangat diharapkan, lewat BSU ini mereka terbantukan sebagai wujud kehadiran negara bagi masyarakat,” tandas Haumahu. (LAM)

Comment